Tips Menghindari Infeksi Virus Corona

tim, CNN Indonesia | Selasa, 21/01/2020 14:57 WIB
Tips Menghindari Infeksi Virus Corona Ada beberapa cara untuk menghindari virus corona yang mirip SARS seperti yang terjadi di China. Berikut tipsnya. (Istockphoto/ipopba)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wabah virus corona misterius dari China semakin meresahkan. Virus corona yang diduga menyebabkan pneumonia (radang paru-paru) namun juga terlihat menyerupai SARS ini tak bisa disembuhkan dengan antibiotik. Kendati demikian, Anda dapat menghindari virus corona dengan menerapkan beberapa tips untuk mencegah penularan virus tersebut.

Hingga saat ini belum terdapat vaksin yang dapat melindungi manusia dari infeksi virus korona. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) mengeluarkan beberapa panduan untuk mencegah dan menghindari penyebaran virus corona. Hal ini senada dengan imbauan yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan meningkatkan imunitas tubuh melalui pola makan bergizi serta perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mencegah dan menghindari virus corona:


1. Sering mencuci tangan dengan air dan sabun selama 20 detik. Pastikan tangan, jari, dan kuku bersih dari kuman.
2. Hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut dengan tangan yang tidak bersih.
3. Hindari kontak dekat dengan orang yang sakit.
4. Gunakan masker


Cara melindungi orang lain agar tidak tertular

Jika Anda memiliki penyakit atau gejala, berusahalah untuk tidak menularkan virus kepada orang. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melindungi orang lain agar tidak tertular penyakit.

1. Tetap istirahat di rumah.
2. Hindari kontak dekat dengan orang lain.
3. Tutup mulut dan hidung dengan masker atau tisu saat batuk dan bersin. Buang tisu ke dalam tempat sampah dan cuci tangan.
4. Bersihkan benda-benda di sekitar.


Tak ada pengobatan khusus pada orang yang terkena virus corona. Kebanyakan orang akan sembuh dengan sendirinya. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meringankan gejala seperti meminum obat demam, minum banyak air hangat, dan beristirahat. (ptj/chs)