Mengenali 'Peta' Jerawat di Wajah dan Cara Mengatasinya

tim, CNN Indonesia | Senin, 27/01/2020 18:49 WIB
Mengenali 'Peta' Jerawat di Wajah dan Cara Mengatasinya Mengenali karakteristik dan lokasi jerawat akan membantu Anda untuk mencegah dan mengobati jerawat di wajah. (Istockphoto/VladimirFLoyd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski hanya satu buah, jerawat di wajah pasti mengganggu tampilan. Namun yang pasti, tak selalu ada penyebab yang jelas untuk jerawat.

Sekalipun sudah membersihkan wajah dengan rajin dan menghindari makanan pemicu namun jerawat tetap saja bakal muncul. Ada banyak faktor penyebab jerawat, dari gaya hidup, tekanan lingkungan, gangguan hormon, genetik, dan lainnya.

Dokter kulit New York Joshua Zeichner mengungkapkan bahwa untuk mencegah dan mengatasi jerawat Anda harus memperhatikan karakteristik masing-masing jerawat, misalnya lokasi dan jenisnya.


1. Jerawat kecil di sepanjang garis rambut
Jika jerawat Anda sangat dekat dengan kulit kepala, maka hampir bisa dipastikan kalau ini disebabkan oleh bahan atau senyawa penyumbat pori-pori dari produk perawatan rambut.

Beberapa di antaranya adalah isopropyl palmitate dan beberapa jenis minyak mineral juga lilin.

Mengutip Marie Claire, untuk mengatasinya pilih produk perawatan rambut yang non komedo, anti-iritasi dan tak menyumbat pori-pori.


2. Banyak jerawat di bagian bawah wajah
Pernah punya jerawat kecil di bagian dagu dan rahang? Zeichner mengungkapkan bahwa jerawat di sini mengindikasikan bahwa ada masalah hormonal yang Anda alami.

3. Beberapa noda pada kulit berminyak, tanpa pola
Noda kemerahan di wajah tak ada hubungannya dengan hormon, namun biasanya disebabkan oleh kotoran, minyak, sel kulit mati yang menyumbat pori-pori sampai menjadi komedo.

ilustrasi jerawatilustrasi jerawat (Istockphoto/Sasha_Suzi)


4. Noda pada kulit normal sampai kering dengan pola yang terlihat
Jika Anda memiliki kulit normal hingga kering, adanya jerawat mungkin disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat. Namun perawatan kulit jenis ini harus berbeda dari kulit berminyak.

Gunakan pembersih wajah dengan bahan aktif asam salisilat yang menipiskan sebum dan punya antibakteri.


5. Jerawat dengan kemerahan acak di wajah
Jika jerawat dan kemerahan tak parah maka Anda bisa menutupi jerawat dengan 'tambalan gel' hidrokoloid. Ini akan mencegah Anda untuk menyentuh dan memencet jerawat yang bisa menyebabkan peradangan. (chs)


BACA JUGA