Nilanshi Patel, Rapunzel Nyata Versi Guinness World Record

tim, CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 09:03 WIB
Nilanshi Patel, Rapunzel Nyata Versi Guinness World Record Nilanshi Patel adalah perempuan India yang mengantongi gelar Guinness World Record untuk rambut terpanjang seperti putri Rapunzel. (SAM PANTHAKY / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mungkin Rapunzel hanya putri dalam dongeng rakyat Jerman. Namun rambut panjang bak rapunzel ini ternyata bukan sekadar dongeng.

Di India, Anda bisa menemui tokoh film animasi 'Tangled' ini. Nilanshi Patel mengantongi gelar remaja dengan rambut terpanjang bak Rapunzel versi Guinness World Record.

Gadis 17 tahun asal Modasa, India ini memecahkan rekornya sendiri dengan rambut sepanjang 190 sentimeter. Rambut Patel tumbuh 20 centimeter sejak terakhir diukur pada November 2018.


Patel mulai memanjangkan rambutnya di usia 6 tahun. Keputusan ini dia ambil setelah potongan rambutnya tampak kacau setelah dari salon.


"Saat 6 tahun, saya punya pengalaman buruk dengan salon lokal. Sejak saat itu saya gelisah jelang potong rambut. Orang tua saya pun menerima keinginan saya dan sekarang rambut saya jadi jimat keberuntungan," ujar Patel pada AFP.

Merawat rambut super panjang ala Rapunzel mungkin tak mudah. Namun kenyataannya, Patel tidak melakukan perawatan khusus apalagi harus bolak-balik ke salon.

Rambut cukup dicuci seminggu sekali. Proses pengeringan pun bisa mencapai satu jam sedangkan menyisir bisa memakan waktu setengah jam. Biasanya rambut cukup diikat atau digelung saat bermain tenis meja. Jika tidak diikat, rambut Patel bisa menyapu tanah.


Untuk menjaga kelembutannya, Patel mengaplikasikan minyak racikan sang ibu, Kaminibenat.

Akan tetapi, tak hanya dia yang memiliki rambut terpanjang. Xie Qiuping, perempuan asal China memiliki rambut sepanjang lebih dari 500 centimeter. Rambut ini ia biarkan tumbuh sejak 1973. (els/chs)