Australia Minta Turis Tak Batalkan Kunjungan Wisata

CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 15:44 WIB
Australia Minta Turis Tak Batalkan Kunjungan Wisata Kings Park and Botanic Garden di Perth, Australia. (Detikcom/Ahmad Masaul Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bencana kebakaran hutan masih melanda di sejumlah kawasan di Australia hingga Rabu (22/1), meski hujan lebat sempat turun sehari sebelumnya.

Badan Pariwisata Australia menghimbau agar turis dapat mengecek informasi terkini kebakaran hutan, terutama yang berencana melancong ke destinasi yang terdampak seperti Victoria, New South Wales, dan Queensland.

Meski mengakui ada sejumlah kawasan yang terdampak, Badan Pariwisata Australia juga mengatakan kalau masih ada kawasan yang aman dikunjungi, seperti Australia Barat.


Badan Pariwisata Australia meminta turis tidak membatalkan rencana perjalanannya demi membantu pulihnya industri pariwisata di Negara Kanguru.

"Pastikan untuk melihat Peringkat Bahaya Kebakaran di area Anda yang akan memberi Anda informasi tentang tingkat bahaya kebakaran jika terjadi. Informasi ini biasanya sering disampaikan lewat TV, radio lokal, surat kabar, dan akan terpampang di marka jalan.

"Patuhi mematuhi larangan menyalakan api, atau jika hal ini diizinkan, gunakan perapian khusus dan selalu matikan api unggun sepenuhnya dengan air.

"Jika ternyata area yang dituju berada dalam radius kebakaran hutan, sebaiknya wisatawan melakukan penjadwalan ulang daripada membatalkan pemesanan," tulis Badan Pariwisata Australia dalam situs resminya.

Melalui siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com pada Rabu, perwakilan Badan Pariwisata Australia Barat menyatakan bahwa kawasannya tidak terpapar dari kebakaran hutan.

Destinasi wisata populer di Australia Barat seperti; Perth, Coral Coast, Golden Outback, South West (termasuk Margaret River), Broome, North West, dam The Kimberley, dinyatakan masih aman untuk dikunjungi.

Sesampainya di Australia, turis bisa mengecek kondisi terkini mengenai kebakaran hutan melalui:

  • Radio ABC (Australian Broadcasting Corporation) - di frekuensi 891 AM
  • Hotline Informasi Kebakaran Hutan - hubungi 1300 362 361

Dalam kondisi darurat, turis bisa tekan angka nol sebanyak tiga kali (000) dari telepon genggam.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai dampak kebakaran hutan Australia di destinasi yang dituju, silakan mengeceknya melalui situs-situs di bawah ini:
  • New South Wales www.rfs.nsw.gov.au
  • Victoria www.cfa.vic.gov.au
  • Tasmania www.fire.tas.gov.au
  • Australian Capital Territory www.esa.act.gov.au
  • Northern Territory www.pfes.nt.gov.au
  • Queensland www.ruralfire.qld.gov.au
  • South Australia www.cfs.org.au
  • Western Australia www.emergency.wa.gov.au


[Gambas:Video CNN]


(ard/ard)