7 Cara Cegah Tertular Virus Corona Saat ke Luar Negeri

CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 17:05 WIB
7 Cara Cegah Tertular Virus Corona Saat ke Luar Negeri Ilustrasi. (AP Photo/Mark Schiefelbein)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang Tahun Baru China, virus corona masih menunjukkan tanda penyebaran. Dari informasi terakhir, Vietnam menyebut ada dua orang terinfeksi virus corona.

Hingga kini pemerintah Indonesia belum mengeluarkan larangan perjalanan. Anas Ma'ruf, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas 1 Bandara Soekarno - Hatta berkata pihaknya tidak melakukan restriksi.

Namun tetap ada upaya agar perjalanan orang dan barang bisa aman serta ada penanganan jika terjadi kondisi darurat.



"Kami lebih ke travel advisory (anjuran perjalanan) untuk WNI yang mau ke China. Ada beberapa himbauan apa saja yang perlu dilakukan saat berkunjung ke China," kata Anas dalam konferensi pers di gedung Kemenkes, Kuningan, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Berikut tips saat wisata ke China atau negara-negara lain diduga terjangkit virus corona:


1. Tidak nekat datang ke area yang dilarang secara resmi oleh pemerintah setempat.

2. Menghindari kontak langsung dengan orang yang sedang mengalami batuk, demam dan kesulitan napas.

3. Untuk sementara kurangi kunjungan ke ruang publik yang ramai, terutamaa ke pasar basah yang menjual hewan dan peternakan.

4. Jika merasakan ada gangguan kesehatan, terutama demam atau batuk, sebaiknya menggunakan masker dan mengunjungi tempat layanan kesehatan.

5. Senantiasa menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat) seperti menutup hidung dan mulut saat batuk atau bersin, mencuci tangan dengan sabun, tidak bertukar botol atau alat makan.

6. Jaga daya tahan tubuh lewat asupan gizi seimbang dan istirahat cukup.

7. Setelah kembali dari daerah yang terpapar wabah penyakit, konsultasi ke dokter jika mengalami gejala demam atau batuk. Beritahu dokter riwayat perjalanan Anda. Jangan lupa gunakan masker untuk mencegah penularan.


[Gambas:Video CNN]


(els/ard)