China Bangun Rumah Sakit Virus Corona

tim, CNN Indonesia | Jumat, 24/01/2020 18:26 WIB
China Bangun Rumah Sakit Virus Corona Pemerintah China membuat rumah sakit khusus untuk menangani virus corona yang sedang mewabah di Wuhan. (Chinatopix via AP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah China membuat rumah sakit khusus untuk menangani virus corona yang sedang mewabah di Wuhan. Virus ini telah menyerang lebih dari 800 jiwa dan menyebabkan 26 orang meninggal dunia. Rumah sakit ini dibangun untuk memenuhi kebutuhan medis yang semakin meningkat seiring penyebaran virus yang kian meluas.

"Rumah sakit ini dibangun untuk mengatasi kekurangan sumber daya medis yang ada," ucap pejabat berwenang di Wuhan, China, dikutip dari AP.

Rumah sakit virus corona ini dibangun di atas lahan seluas 25 ribu meter persegi ini dibuat meniru rumah sakit Xiaotangshan SARS di Beijing, China. Rumah sakit ini direncanakan selesai pada 3 Februari 2020 mendatang.


Rumah sakit itu dirancang memiliki unit isolasi individu seperti deretan kabin kecil dengan 1.000 tempat tidur.



Saat ini rumah sakit di Wuhan kedatangan banyak pasien yang tak sesuai dengan kapasitas rumah sakit. Persediaan obat-obatan dan tenaga medis pun menipis.

Masyarakat Wuhan mengeluhkan rumah sakit yang menolak untuk menangani anggota keluarga yang terserang virus. Sejumlah video di media sosial menampilkan kepanikan di rumah sakit di Wuhan.

Sebanyak delapan rumah sakit di Wuhan juga mengumumkan membutuhkan donasi berupa masker dan peralatan pelindung medis lainnya.

Saat ini, pemerintah China sudah menutup kota Wuhan dan beberapa kota di sekitarnya. Sejumlah transportasi di sembilan kota tetangga juga ditutup. Beberapa perayaan jelang Tahun Baru China 2571 juga dibatalkan. 

China Bangun Rumah Sakit Virus CoronaFoto: Chinatopix via AP
China Bangun Rumah Sakit Virus Corona



(ptj/chs)