LAPORAN DARI JEPANG

Surga Barang Branded Murah di Tokyo

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Minggu, 02/02/2020 10:47 WIB
Di Ami Premium Outlets ada sekitar 150 toko pernak-pernik fesyen yang menawarkan harga miring untuk turis mancanegara. Ami Premium Outlets di Jepang. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Tokyo, CNN Indonesia -- Selain wisata alam, Jepang juga merupakan surga belanja. Para turis dimanjakan dengan kehadiran banyak outlet premium yang menawarkan bebas pajak alias tax free. Kali ini pilihan berbelanja jatuh pada Ami Premium Outlets yang terletak di Ami, Ibaraki, Jepang, tak jauh dari Tokyo dan Bandara Narita.

Lokasi ini berdekatan dengan kunjungan wisata saya sebelumnya, yakni patung Budha tertinggi di Jepang, Ushiku Daibutsu. Dari objek wisata itu saya hanya perlu naik bus seharga 170 yen (sekitar Rp22 ribu) dengan durasi perjalanan 10 menit.

Ami Premium Outlets merupakan satu dari sembilan outlet premium yang tersebar di Jepang. Di sini, terdapat lebih dari 150 toko yang menjual barang-barang dari label ternama. Anda bisa melihat daftar toko melalui situs resmi Premium Outlets. Catat setiap toko yang ingin dijajal untuk menghemat waktu berbelanja.


Ketika tiba di lokasi, jangan terburu-buru untuk langsung belanja. Kunjungi terlebih dahulu pusat informasi untuk mendapatkan kupon diskon tambahan khusus wisatawan mancanegara. Dengan menunjukkan kupon ini di kasir, Anda akan mendapatkan diskon tambahan dan harga akan semakin miring.

Dari pusat informasi, Anda bisa langsung menyusuri jajaran toko bergaya klasik. Semua gerai didesain hanya memiliki satu lantai saja seperti rumah-rumah klasik. Beragam rumah mode mulai dari pakaian, aksesori, mainan, hingga peralatan dapur tersedia di sini.

Soal harga tak perlu khawatir. Rata-rata setiap gerai menawarkan diskon gila-gilaan. Harganya pun jauh berbeda dengan produk yang sama di Indonesia, bisa mencapai dua hingga tiga kali lipat lebih murah.

Misalnya, tas keluaran rumah mode asal Italia yang berharga Rp7juta di Indonesia bisa dihargai hanya 19 ribu yen (sekitar Rp2,5 juta) saja. Sneakers keluaran label populer di dunia juga bisa didapatkan hanya sekitar 5.000 yen (sekitar Rp700 ribu).

Di Indonesia produk yang sama bisa dibanderol dengan harga lebih dari Rp2 juta. Tak heran banyak orang yang menjajakan jastip atau jasa titip dari Jepang.

Ami Premium Outlets, Surga Barang Branded Murah di TokyoBentuk pertokoan. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Saya melewati setiap toko dan memasuki beberapa yang menarik perhatian. Jika gerai sedang ramai pengunjung, Anda mesti bersabar untuk meminta bantuan pelayan seperti mencari ukuran atau model yang tepat.

Selalu pastikan harga yang tertera apakah sudah termasuk pajak atau belum. Hampir semua toko menerapkan kebijakan tax free jika membeli lebih dari 5.000 yen (sekitar Rp700 ribu). Jika belanjaan Anda kurang dari harga tersebut, Anda mesti membayar pajak 10 persen.

Selain itu, perhatikan juga jika ada tambahan diskon dari kupon atau dengan menggunakan pembayaran melalui provider kartu debit atau kredit tertentu. Jeli pada diskon akan membuat Anda semakin untung dalam berbelanja.

Saat sudah memutuskan membeli produk yang diinginkan di kasir, Anda akan diminta untuk menunjukkan paspor agar mendapatkan keringanan tax free.

Setelah puas berbelanja mengelilingi Ami Premium Outlets sekitar tiga jam, saya langsung menuju area makan untuk melepas dahaga dan merehatkan kaki. Saya memilih menyantap sushi di Kaneki, sekaligus sebagai makan malam di hari itu. Sepiring sushi dihargai mulai dari 300 yen (Rp35 ribu).

Bagi pengunjung muslim, Ami Premium Outlets juga menyediakan tempat untuk salat. Namun, Anda harus memintanya ke pusat informasi. Petugas akan menyiapkan ruangan untuk salat.

Ami Premium Outlets, Surga Barang Branded Murah di TokyoDeretan sepatu diskon. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)

Tips berbelanja di Ami Premium Outlets:

- Melihat peta dan menandai gerai yang ingin didatangi untuk menghemat waktu berbelanja.
- Menyiapkan paspor agar mudah diambil saat pembayaran.
- Melihat kupon diskon, diskon kartu debit, atau kredit.
- Jangan lupa bandingkan dengan harga di Indonesia atau situs resmi dan pastikan harga lebih murah
- Pastikan harga produk yang dibeli melebihi jumlah ketentuan tax free. Berbelanja dengan menggabungkan pembelian bersama teman juga bisa dilakukan untuk mendapatkan tax free.
- Jangan ragu bertanya pada pelayan ataupun pusat informasi.

Tiket masuk: gratis

Cara menuju Ami Premium Outlets: Dari Ueno Station di Tokyo menaiki JR Joban Line turun di Arakawaoki Station East Exit, menaiki bus ke Ami Premium Outlet

Stasiun terdekat: JR Ushiku Station, Arakawaoki Station

(ard)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK