7 Kebiasaan Sederhana yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

tim, CNN Indonesia | Rabu, 05/02/2020 12:13 WIB
7 Kebiasaan Sederhana yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Konsumsi sayuran untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai virus, termasuk virus corona. (ImagesBG/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Virus corona jenis terbaru atau 2019-nCov yang pertama kali diidentifikasi di Wuhan, China telah menyebar ke sejumlah negara. Beberapa kasus ditemukan di negara-negara Asia, sebagian lain ada di Amerika juga Australia. Sementara Indonesia, melalui Kementerian Kesehatan mengklaim telah mengantisipasi penyebaran virus corona.

Tapi selain itu, tak ada salahnya jika Anda pun ikut mengambil ancang-ancang dengan memperkuat daya tahan tubuh. Langkah ini penting, agar tubuh tak gampang terserang penyakit.

Tak perlu melakukan hal-hal besar demi daya tahan tubuh tetap terjaga. Anda bisa melakukan kegiatan sederhana berikut agar tubuh tetap sehat dan mampu melawan virus corona.



1. Hindari jadi perokok pasif
Berdasar Centers for Disease Control and Prevention (CDC) AS, para perokok pasif tetap berpotensi mengalami gangguan kesehatan. Sekalipun, orang-orang tersebut tidak merokok.

"Paparan asap rokok mengakibatkan peradangan di saluran pernapasan baik bagian atas maupun bawah dan merusak kemampuan sistem imun untuk memproduksi antibodi sebagai respons paparan bakteri," jelas Julia Blank, dokter keluarga di Santa Monica, California, AS mengutip dari Livestrong.

Akibatnya, lanjut dia, ada penurunan mekanisme pembersihan bakteri dari paru-paru dan peningkatan gejala asma. Orang pun jadi rentan terkena infeksi.

Jadi sebaiknya hindari lokasi-lokasi yang membuat Anda terpapar asap rokok.


2. Lebih banyak protein
Protein membantu tubuh untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh. Roger Adams, personal trainer sekaligus dokter nutrisi menyebut protein jadi inti dari sistem imun yang sehat.

"Jika asupan protein kurang, ini bisa merusak kemampuan tubuh untuk memproduksi antibodi, protein besar diproduksi oleh sistem imun dalam respons saat ada invasi molekul asing," jelas Adams.

3. Cuci tangan
Pesan untuk praktik perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) menggema sejak virus corona merebak. Salah satunya, dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun.

Tangan merupakan alat transportasi bakteri. Tanpa disadari, orang sering memegang muka, hidung atau mengucek mata. Padahal tangan belum tentu bersih.

CDC merekomendasikan untuk mencuci tangan paling tidak 20 detik untuk meminimalkan bakteri dan menjaga sistem imun. Tak perlu memasang timer saat mencuci tangan. Cukup menyanyikan lagu 'Happy Birthday' sembari cuci tangan dan 20 detik tak akan terasa.

7 Kebiasaan Sederhana yang Bantu Tingkatkan Daya Tahan TubuhIlustrasi cuci tangan. (Istockphoto/AlexRaths)

4. Menambah sayur
Sayur dan buah bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun. Adams menyarankan untuk menambahkan sayur di porsi makan. Di samping itu pilih yang warnanya beragam dan cerah.

"Makin banyak warna, lebih banyak antioksidan, yang mana digunakan tubuh untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel," kata Adams.

Per hari disarankan untuk menyantap dua cangkir buah berwarna cerah dan dua hingga tiga cangkir sayuran berwarna.

5. Tidur
Tak cukup dengan makan sayur dan buah, tidur pun diperlukan agar daya tahan tubuh menguat. Satu studi pada Februari 2019 yang terbit di Journal of Experimental Medicine menemukan bahwa tidur malam yang nyenyak bisa meningkatkan efektivitas sel T tubuh (tipe sel darah putih yang berguna untuk melawan virus).

"Banyak orang begadang dan melewatkan waktu untuk meningkatkan daya tahan tubuh," kata Shiva Lalezar, spesialis pengobatan fungsional dan antipenuaan.

Sebaiknya pasang alarm untuk menunjukkan waktu kapan Anda seharusnya tidur. Jelang tidur, pasang alarm lagi untuk jam bangun.



6. Minum segelas air saat bangun tidur
Usai mematikan alarm, sebaiknya isi aktivitas bangun tidur dengan minum segelas air. Ini untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Hidrasi sangat berhubungan dengan daya tahan tubuh.

"Membran mukosa yang kering dan kulit pecah-pecah bisa jadi area di mana patogen bisa menyerang. Tetap terhidrasi akan mengurangi kekeringan di area-area yang esensial seperti membran mukosa di hidung, dan memberikan tubuh kesempatan yang lebih baik untuk menangkal patogen," jelas Adams.

7. Paduan jahe dan lemon
Menurut Lalezar, jahe dan perasan lemon bisa meredam peradangan dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Jahe kaya akan antioksidan dan antibakteri, dan lemon kaya akan vitamin C, ini juga antioksidan dan punya komponen antivirus dan antibakteri," tutur dia.

Campuran jahe dan lemon bisa dinikmati dalam bentuk minuman. Air rebusan jahe dicampur perasan lemon dan bisa juga ditambah madu untuk menambah rasa manis.

[Gambas:Video CNN]


(els/NMA)