Dokter: Bawang Putih Belum Terbukti Obati Virus Corona

tim, CNN Indonesia | Rabu, 29/01/2020 15:14 WIB
Dokter: Bawang Putih Belum Terbukti Obati Virus Corona Pencegahan virus corona di Indonesia. (ANTARA FOTO/Budi Candra Setya)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyebaran virus corona hingga pengobatannya kini masih menjadi pembahasan pelbagai pihak. Betapa tidak, sementara ini sedikitnya 14 negara telah mengonfirmasi menemukan kasus virus corona yang berasal dari Wuhan, China.

Hingga Rabu (29/1), wabah yang hampir sama seperti penyakit Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) tersebut telah menelan 132 nyawa di China.

Pihak berwenang China melaporkan sampai saat ini tercatat 6.000 kasus virus corona. Sedangkan vaksin corona belum juga ditemukan, berbagai uji coba tengah dilakukan. Tak ayal, publik pun berlomba mencari informasi mengenai pengobatan alternatif.


Sempat beredar kabar bahwa bawang putih bisa menyembuhkan virus corona. Informasi ini bermula dari perputaran pesan di aplikasi Whatsapp. Meski begitu, netizen begitu saja mengunggah hasil tangkapan layar itu di media sosial Twitter.

Isi pesan tersebut kurang lebih soal resep racikan obat tradisional untuk mengatasi virus corona.

Resep itu menganjurkan Anda untuk menyiapkan 8 siung bawang putih yang dikupas dan diletakkan di mangkuk. Kemudian, sebanyak 7 gelas air mendidih dituang pada mangkuk bawang putih dan dibiarkan selama tiga menit. Pasien virus corona pun disarankan untuk minum air rendaman bawang putih.

Dalam versi berbeda, ada pula informasi yang menyebut bawang putih mesti dihancurkan dan dimasak bersama air. Kemudian air rebusan itu, diminum. Informasi yang beredar menyebut seorang tabib tua dari Wuhan, China sekaligus pasien virus corona bisa sembuh berkat ramuan tersebut.

Akan tetapi pada kenyataannya, ini belum tentu benar. Menurut dokter ahli imunologi, Iris Rengganis bawang putih belum terbukti secara ilmiah mampu melawan virus corona.

"Belum ada evidence base (basis bukti)," kata Iris melalui pesan singkat pada CNNIndonesia.com, Rabu (29/1).


Hal senada diungkapkan Profesor Faisal Yunus, pengajar Bagian Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi FKUI. Dia berkata, belum ada bukti ilmiah bahwa bawang putih bisa jadi obat virus corona.

"Secara umum, infeksi virus itu bisa sembuh sendiri. Contohnya, flu. Kalau sakit flu bisa sembuh sendiri," tutur dia.

Bawang putih memang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, namun belum ada bukti menyembuhkan coronaFoto: Pixabay/benscherjon
Bawang putih memang bisa menyembuhkan berbagai penyakit, namun belum ada bukti menyembuhkan corona


Faisal lantas menjelaskan, diperlukan uji coba ilmiah beserta tahapan penelitian guna meyakinkan bahwa bawang putih mampu jadi penawar virus corona. Pengujian harus dilakukan mulai dari percobaan ke sejumlah sampel hingga penghitungan persentase keberhasilan.


Perkuat Daya Tahan Tubuh

Kendati begitu, berdasar informasi dari berbagai sumber, bawang putih memang menyimpan khasiat yang bisa diandalkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bawang putih mengandung komponen bernama alliin. Ketika dihancurkan atau dikunyah, komponen ini berubah menjadi allicin.

Bahan aktif itu pun terbukti meningkatkan respons perlawanan terhadap penyakit oleh sel darah putih. Bawang putih bisa pula digunakan untuk mencegah dan mengatasi selesma atau demam.

Bawang putih juga bisa dikonsumsi secara langsung. Sebaiknya, bawang putih dihancurkan atau diiris tipis untuk meningkatkan kadar allicin. Saat memasak dengan bawang putih yang sudah dihancurkan, diamkan dulu selama 10 menit untuk menjaga agar komponen bermanfaatnya tidak hilang.


Hingga kini, korban akibat virus yang menginfeksi saluran penapasan ini terus bertambah. Selain di China, kasus infeksi virus corona juga terdeteksi di Kanada, Amerika Serikat, Prancis, Sri Lanka, Thailand, Taiwan, Vietnam, Korea Selatan, Nepal, Singapura, Australia, Malaysia, Jepang, Kamboja, dan Jerman.

Sejumlah negara berencana mengevakuasi warganya dari Wuhan. Indonesia sendiri tengah menyiapkan evakuasi WNI di Provinsi Hubei, China.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Kesehatan juga menyerukan agar masyarakat Indonesia tidak panik. Namun diharapkan tetap waspada dengan menerapkan PHBS (praktik hidup bersih dan sehat), menggunakan masker jika batuk atau flu, serta menjaga daya tahan tubuh.

[Gambas:Video CNN]

Belum ada bukti ilmiah terkait kemampuan bawang putih mengobati virus coronaFoto: ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi
Belum ada bukti ilmiah terkait kemampuan bawang putih mengobati virus corona
(els/NMA)