Membaca Buku, Rutinitas Pengantar Tidur yang Efektif

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 31/01/2020 22:19 WIB
Membaca Buku, Rutinitas Pengantar Tidur yang Efektif Ilustrasi. Membaca buku sebelum tidur adalah cara yang baik untuk relaksasi dan bersantai. (Picjumbo/Viktor Hanacek)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apakah Anda kerap merasa sulit tidur? Jika segala cara telah dicoba, tapi mata tak kunjung terpejam, artinya Anda memerlukan cara lain yang dapat membantu Anda terlelap.

Dalam kondisi demikian, Anda memerlukan tambahan rutinitas pengantar tidur. Sederhana saja, psikolog Joshua Tal mengatakan, membaca buku dapat membantu Anda cepat tertidur lelap.

"Membaca buku sebelum tidur adalah cara yang bagus untuk meningkatkan relaksasi dan bersantai tanpa cahaya biru dari perangkat elektronik yang bisa mengganggu tidur Anda," ujar Tal, mengutip Well and Good. 


Namun, tutup buku 15 menit sebelum Anda mematikan lampu untuk tidur. Hal ini dilakukan untuk memberikan waktu bagi pikiran Anda mereda.

Tal juga merekomendasikan Anda untuk memilih buku yang tak terlalu menarik. Mencoba memecahkan masalah atau membaca sesuatu yang menarik rasa penasaran Anda justru tak akan membantu Anda tertidur.

Selain membantu Anda tertidur dengan cepat, membaca sebelum tidur juga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan suasana hati, mendukung peningkatan kesadaran, dan masih banyak lagi.

Mengutip Business Insider, sebuah penelitian yang dilakukan pada peneliti di University of Sussex pada 2009 menunjukkan bahwa membaca buku selama enam menit sebelum tidur dapat mengurangi stres hingga 68 persen. Efek ini bahkan lebih besar daripada mendengarkan musik atau meminum secangkir teh.

Peneliti menyebut, membaca buku sebelum tidur dapat menjernihkan pikiran dan menyiapkan tubuh untuk tertidur.

"Buku lebih dari sekadar pengalih perhatian, tapi juga melibatkan imajinasi secara aktif, sesuatu yang membawa Anda memasuki kondisi kesadaran yang berubah," ujar peneliti, David Lewis.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)