Kenali Faktor Risiko Kanker Usus Besar

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 05:15 WIB
Kenali Faktor Risiko Kanker Usus Besar Ilustrasi. Meski penyebabnya belum diketahui secara pasti, namun beberapa faktor risiko diyakini meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker usus besar. (PDPics/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kanker usus besar merupakan salah satu jenis kanker yang paling sering terjadi. Terdapat beberapa faktor risiko yang disinyalir menjadi penyebab kanker ini.

Kanker usus besar biasanya dimulai dari polip atau gumpalan kecil yang terbentuk di usus besar. Kanker ini berawal ketika sel-sel sehat dalam usus besar mengalami perubahan di DNA. Sel-sel itu membelah diri dan merusak organ.

Dikutip dari Mayo Clinic, hingga saat ini dokter tidak mengetahui secara pasti penyebab kanker usus besar. Namun, beberapa faktor risiko diyakini meningkatkan kejadian kanker usus besar. Semakin banyak faktor risiko yang dimiliki, semakin tinggi kemungkinan mengalami kanker usus besar.


Berikut faktor risiko kanker usus besar.

1. Usia di atas 50 tahun
Dikutip dari Healthline, kanker ini sebenarnya dapat terjadi pada segala usia. Namun, mayoritas terjadi pada orang berusia di atas 50 tahun.

2. Riwayat penyakit
Orang yang pernah mengalami polip dan penyakit berkaitan usus besar lainnya, lebih mungkin terserang kanker usus besar di kemudian hari.

3. Inflamasi usus
Orang yang mengalami penyakit radang usus kronis seperti kolitis ulserativa dan penyakit Crohn, berisiko lebih tinggi terkena kanker usus besar.

4. Gen dan riwayat keluarga
Beberapa mutasi gen yang diturunkan dari keluarga dapat meningkatkan risiko kanker usus besar. Begitu juga jika terdapat keluarga yang mengalami kanker usus besar, maka kemungkinan terkena kanker usus besar juga tinggi.

5. Pola makan rendah serat, tinggi lemak
Usus besar merupakan organ di sistem pencernaan yang bertugas mengolah makanan sebelum membuangnya menjadi feses. Studi menunjukkan, pola makan yang rendah serat dan tinggi lemak dikaitkan dengan kanker usus besar. Peningkatan risiko usus besar terlihat pada orang yang kerap makan daging merah dan daging olahan.

6. Tidak berolahraga
Gaya hidup yang malas gerak atau tidak berolahraga juga meningkatkan risiko terkena kanker usus besar.

7. Diabetes
Orang yang memiliki penyakit diabetes atau resisten terhadap insulin juga memiliki risiko yang lebih besar mengalami kanker usus besar.

8. Gaya hidup tidak sehat
Orang yang menerapkan gaya hidup tidak sehat seperti obesitas, merokok, dan mengkonsumsi alkohol juga meningkatkan risiko kanker usus besar.

Untuk mencegah kanker usus besar, hindari faktor risiko yang dapat mengembangkan penyakit ini.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)