Cuci Tangan, Cara Terbaik Lindungi Diri dari Virus Corona

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 31/01/2020 15:29 WIB
Cuci Tangan, Cara Terbaik Lindungi Diri dari Virus Corona Ilustrasi. Proteksi diri terbaik dari virus corona adalah dengan mencuci tangan dan menjaga kebersihan. (Istockphoto/AlexRaths)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam sesaat, virus corona membuat dunia gempar. Jenis virus baru ini mulanya menyerang China dan menyebar ke bagian dunia lain.

Hari ini, Jumat (31/1), Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan status darurat kesehatan publik atas kasus penyebaran virus corona jenis baru ini.

Virus jenis baru ini dikenal dengan nama 2019-nCoV. Virus ini menyebabkan penyakit serius, masalah pernapasan, hingga kematian. Beberapa gejala yang terlihat dari orang yang terinfeksi di antaranya demam, batuk, dan sesak napas. Pada kasus yang lebih parah, virus ini dapat menyebabkan pneumonia.


Hingga saat ini, belum ada vaksin yang dapat mencegah 2019-nCoV. Kendati demikian, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk memproteksi diri.

"Perlindungan terbaik adalah dengan mencuci tangan dan berhati-hati saat kontak wajah dengan seseorang," ujar ahli kesehatan dari Northwell Health, New York, Amerika Serikat, Eric Cioe-Pena, melansir Healthline.

Umumnya, virus menyebar melalui tetesan air liur yang tersentuh oleh orang lain untuk kemudian menyebar.

Berikut rekomendasi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) untuk memproteksi diri Anda.

- Sering mencuci tangan setidaknya selama 20 detik dengan sabun. Pembersih berbasis alkohol dapat bekerja tanpa sabun dan air.
- Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulut Anda dengan tangan yang belum dicuci.
- Tetap berada di rumah saat sakit.
- Tutup mulut saat batuk atau bersin dengan tisu dan buang tisu ke tempat sampah.
- Bersihkan benda dan permukaan yang sering Anda sentuh.

Selain itu, WHO juga merekomendasikan untuk menghindari konsumsi produk hewani atau daging setengah matang.

Anda juga bisa menggunakan masker wajah saat bepergian. Kendati demikian, masker tak sepenuhnya dapat menyaring partikel virus kecil. Selain itu, masker juga tetap membuat bagian mata terbuka. Sementara pada beberapa kasus, virus corona juga menginfeksi melalui mata.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)