3 Cara Mudah Memilih Semangka yang Matang

tim, CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 18:04 WIB
3 Cara Mudah Memilih Semangka yang Matang Ilustrasi: Berikut 3 cara mudah memilih semangka matang (condesign/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Semangka adalah salah satu buah yang yang mengandung banyak airBuah ini memiliki rasa manis dan menyegarkan.

Semua ini bisa didapatkan dengan syarat, buah yang Anda pilih adalah semangka yang sudah matang sehingga punya warna daging buah yang merah dan air yang banyak.

Sayangnya hal tersebut tak mungkin didapatkan jika semangka yang Anda beli ternyata belum matang sempurna. Anda harus pintar-pintar memilih semangka yang dijual di pasar.


Salah satu cara paling populer untuk memilih semangka adalah dengan mengetuknya. Mengutip The Daily Meal, berikut beberapa tips memilih semangka yang matang sempurna dan enak dimakan.


1. Angkat
Semangka yang sudah matang akan terasa lebih berat dibanding semangka yang belum atau kurang matang. Semangka yang lebih berat ini merupakan indikator bahwa buah ini mengandung air lebih banyak (tidak kering dan tak ada rasa).

2. Cari letak titik sentuh tanah
Carilah letak titik sentuh tanah pada semangka. Ini ditandakan dengan warna kuning di salah satu bagian buahnya. Ini akan menunjukkan di bagian mana semangka ini tumbuh dan menyentuh tanah. Semakin kuning area tersebut maka semangka akan semakin matang.

Hindari semangka yang punya bercak -yang seharusnya kuning- masih pucat, putih, atau tak ada sama sekali. Ini berarti buahnya dipanen terlalu cepat dan sama sekali tak matang.


3. Ketuk
Ini adalah cara yang paling populer. Ketuk semangka dengan jari dan dengarkan bunyinya. Suara yang dalam dan 'terpendam' menandakan buahnya belum matang. Sedangkan suara yang ringan dan nyaring menandakan semangka sudah matang.

[Gambas:Video CNN]

(chs)