LAPORAN DARI JEPANG

FOTO: Wujud Daruma, Boneka Keberuntungan dari Jepang

Puput Tripeni Juniman, CNN Indonesia | Selasa, 04/02/2020 15:15 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Tak hanya kucing maneki neko, Jepang juga punya boneka pembawa keberuntungan lain yakni daruma.

Tak hanya kucing maneki neko, Jepang juga punya boneka pembawa keberuntungan lain yakni daruma. Boneka daruma juga merupakan simbol kerja keras yang menghiasi kuil-kuil Buddha di Jepang. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Boneka daruma berbentuk hampir bulat, tidak memiliki kaki dan tangan serta bagian dalam yang kosong. Produsen boneka daruma terbesar di Jepang ada di Kota Takasaki, Prefektur Gunma, Daimonya. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Pengrajin tradisional boneka daruma di Daimonya, Sumikazu Nakata melukis dua bagian penting dalam boneka daruma yakni alis mata yang menyimbolkan bangau dan kumis yang melambangkan kura-kura. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Boneka daruma juga melambangkan keseimbangan yang bakal tetap tegak walau dijatuhkan atau digoyangkan ke kiri dan ke kanan. Warna merah juga digunakan untuk menolak bala. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Daimonya memproduksi 70 ribu buah boneka Daruma yang terdiri dari 22 ukuran mulai dari tinggi 4,5 cm hingga paling besar 74 cm. Boneka ini didistribusikan ke seluruh Jepang. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Tidak hanya menjadi boneka penting bagi orang Jepang, Daruma kini juga menjadi oleh-oleh yang banyak dicari wisatawan. Sebuah boneka kecil dihargai 400 yen atau Rp50 ribu. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Di Daimonya, para wisatawan juga bisa mencoba melukis wajah Daruma yang diajarkan langsung oleh pengrajin profesional. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)
Saat melukis, turis dapat berdoa atau membuat permohonan di dalam hati.  Untuk mengikuti kelas menggambar wajah Daruma turis perlu membayar 800 yen atau Rp100 ribu. (CNN Indonesia/Puput Tripeni Juniman)