Playlist Musik yang Tepat Tingkatkan Pembakaran Kalori

tim, CNN Indonesia | Rabu, 05/02/2020 07:27 WIB
Musik biasanya sekadar jadi pelengkap olah raga, tapi daftar musik yang tepat rupanya bisa meningkatkan efektivitas pembakaran kalori. Ilustrasi: Daftar musik yang tepat dipercaya meningkatkan efektivitas pembakaran kalori. (Foto: picjumbo)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musik seringkali menjadi pelengkap sebagian orang yang melakukan aktivitas olah raga. Tapi rupanya keberadaan bebunyian ini bukan semata pelangkap. Daftar musik atau playlist yang tepat ternyata dapat meningkatkan efektivitas membakar kalori saat berolahraga.

Bukan sekadar deretan musik kencang dan cepat atau yang mengajak Anda bergoyang, tentu ada syaratnya.

Studi terbaru yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology menunjukkan, efektivitas pembakaran kalori bakal lebih maksimal jika diiringi musik dengan tempo tinggi atau setara dengan 170 detak jantung per menit (BPM). Daftar musik macam ini juga memberikan manfaat lebih banyak pada kesehatan kardiovaskular.



Peneliti menemukan musik dapat membangkitkan dan meningkatkan suasana hati sebelum berolahraga, mengurangi persepsi rasa sakit dan kelelahan selama berolahraga, dan meningkatkan usaha serta daya tahan.

"Kami menemukan bahwa mendengarkan musik dengan tempo tinggi saat berolahraga menghasilkan detak jantung tertinggi dan aktivitas yang dirasakan lebih rendah dibandingkan dengan tidak mendengarkan musik. Ini berarti bahwa olahraga terasa lebih mudah karena minimum usaha, tetapi lebih bermanfaat dalam meningkatkan kebugaran fisik," kata peneliti dari University of Verona in Italy, profesor Luca Ardigò dikutip dari CNN.

Studi ini mendapati efek paling besar mendengarkan musik bertempo tinggi terjadi saat latihan ketahanan seperti jalan cepat, berlari, bersepeda, dan berenang. Di sisi lain, efeknya cenderung lebih kecil untuk olahraga intensitas tinggi seperti angkat berat, lompat tali, latihan interval intensitas tinggi (HIIT).

Peneliti menyarankan agar setiap orang dapat membuat playlist music sendiri berdasarkan beats-per-minute (BPM) dari lagu favorit. BPM dapat dicari dengan mudah secara online atau melalui aplikasi mendengarkan musik.


Berikut beberapa contoh musik dari beberapa genre yang dapat dijadikan pengiring saat berolahraga:

- Lose Yourself, Eminem: 171 BPM
- Empire State of Mind, Jay Z: 173 BPM
- Naughty Girl, Beyonce: 199 BPM
- Untouchable, Taylor Swift: 200 BPM
- Tall Paul, Annette Funicello: 202 BPM
- Thousand, Moby: tercatat 137 BPM, tapi memegang rekor dunia Guinness World Record dapat mencapai 1.015 BPM

[Gambas:Video CNN]

(ptj/NMA)