Cara Memotong Bawang Tanpa Menangis

tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/02/2020 17:38 WIB
Cara Memotong Bawang Tanpa Menangis Ilustrasi: Memotong bawang kadang menjadi aktivitas dapur yang menjengkelkan karena membuat mata perih dan menangis. (Foto: Meditations/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memotong bawang seringkali dianggap sebagai pekerjaan dapur paling sulit. Mata bisa perih, lantas menangisAir mata begitu saja meluap di tengah aktivitas memotong bawang. Namun, tak perlu khawatir karena memotong bawang bisa dilakukan mudah.

Terdapat sejumlah trik dan cara memotong bawang tanpa menangis.

Saat mengupas bawang, enzim yang terdapat di setiap lapisan bawang bereaksi dengan udara dan dapat mengiritasi mata. Sistem saraf pusat yang terdapat di mata merespons sensasi terbakar itu dengan menitikkan air mata atau menangis.


Selain itu, mata juga bisa pedih jika tangan yang sudah memegang bawang terusap ke mata.


Berikut sejumlah trik dan cara memotong bawang tanpa menangis.

1. Memotong di dalam air
Siapkan ember atau mangkuk yang berisi air dingin. Tempatkan bawang di dalam air dan kupas bawang di bawah permukaan air. Dikutip dari The Daily Meal, air berfungsi untuk menghambat enzim bereaksi dengan udara sehingga tak bakal membuat mata menitikkan air mata.

2. Potong bawang dekat api
Memotong bawang di dekat api seperti api kompor juga bisa menghindari tangis saat memotong bawang. Api dapat membutuhkan oksigen dan menarik enzim bawang sehingga mencegah reaksi mencapai mata. Selain kompor bisa juga memanfaatkan api dari lilin.

Tetaplah berhati-hati saat beraktivitas dekat dengan api.

Cara Memotong Bawang Tanpa MenangisIlustrasi: Salah satu cara untuk menghindari perih dari aktivitas mengiris bawang adalah dengan melakukannya di ruang dekat api. (Foto: wolffsfa/Pixabay)

3. Letakkan di kulkas
Meletakkan bawang di kulkas dapat mencegah mata menangis saat mengupas bawang. Letakkan bawang dalam kulkas minimal 30 menit hingga 24 jam sebelum dipotong. Pendinginan dapat memperlambat proses kimia enzim menjadi gas dan bereaksi mengiritasi mata.

Namun, jangan menyimpan bawang terlalu lama di kulkas.

4. Memotong bawang di ruang terbuka
Sambil mendapatkan udara segar, ada baik memotong bawang di bawah semilir angin sepoi-sepoi seperti dekat kipas angin, di jendela, atau di bawah pohon di pekarangan rumah.


Dikutip dari Wikihow, memotong bawang di udar bebas membuat enzim yang bereaksi bergerak menjauhi mata.

5. Menggunakan kacamata renang
Anda juga bisa memanfaatkan kacamata renang atau bahkan helm untuk melindungi mata dari reaksi enzim dan udara mengiritasi mata.

Pilihlah cara yang paling mudah untuk memotong bawang tanpa perlu menangis agar kegiatan di dapur menjadi lebih menyenangkan.

[Gambas:Video CNN] (ptj/NMA)