5 Cara Bertemu Calon Pasangan Tanpa Aplikasi Kencan

Tim, CNN Indonesia | Sabtu, 22/02/2020 19:13 WIB
5 Cara Bertemu Calon Pasangan Tanpa Aplikasi Kencan Ilustrasi. Tak semua orang cocok dengan metode pencarian pasangan melalui aplikasi kencan. (Brodie Vissers via StockSnap)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalimat 'jodoh tak akan ke mana' terkadang membuat banyak orang acuh soal mencari pasangan. Kebanyakan berpikir, toh, kalau jodoh pasti akan bertemu.

Namun, jodoh bukan berarti menunggu dan pasrah berdiam diri. Di dunia modern, orang perlu aktif 'bergerak' untuk bisa menemukan calon pasangan potensial.

Kehadiran aplikasi kencan daring memudahkan orang mendapatkan pasangan hanya dengan geser kanan kiri. Hanya saja, tak semua orang cocok dengan metode ini sehingga cara-cara konvensional masih diperlukan.


Berikut beberapa cara umum menemukan calon pasangan potensial tanpa aplikasi kencan.

1. Keluar rumah
Anda tidak akan bertemu siapapun jika waktu banyak dihabiskan di rumah. Sebaiknya pertimbangkan untuk keluar rumah.

Metode ini membuat Anda bertemu dengan sebanyak mungkin orang. Semakin banyak orang, artinya ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang berpotensi untuk dijadikan pasangan.

Pilih tempat yang memang jadi minat Anda. Suka musik? Anda bisa menonton konser atau datang ke festival musik. Olahraga yoga atau pilates? Anda bisa ke studio yoga. Jika spesifik ke tempat yang berhubungan dengan minat dan hobi, Anda bisa menemukan orang yang memiliki kesamaan sehingga membangun relasi lebih mudah.

2. Sejenak mematikan ponsel
Kehadiran media sosial cenderung membuat orang terpaku pada layar gawai atau gadget. Bahkan, hanya lewat foto, Anda akan merasa mengenal seseorang cukup dekat.

Sesekali matikan atau non-aktifkan gawai dan mulai melihat ke sekitar. Bisa saja sebenarnya ada seseorang yang menarik tapi tak tertangkap perhatian hanya karena Anda terlalu sering berinteraksi dengan layar.

3. Ajak ngobrol
Ngobrol dengan orang asing sering terdengar mengerikan. Banyak orang merasa nyaman dengan lingkungannya, dengan ponselnya, atau dengan lamunannya.

Tak ada salahnya menyapa seseorang yang sedang sama-sama antre di kasir supermarket. Anda juga bisa secara spontan mengajak bermain anjing peliharaan seseorang yang menikmati sore di taman. Ada banyak cara mengobrol tanpa harus menjadi canggung.

4. Bertemu relasi teman
Langkah cerdas untuk bertemu orang baru adalah dengan berkenalan dengan relasi dari teman Anda. Relasi seperti ini bisa memperbesar kesempatan untuk menggali informasi lebih banyak. Karena masih dalam lingkar pertemanan, maka Anda punya kesempatan menghabiskan waktu bersama misalnya nongkrong di kedai kopi, jalan-jalan di mal atau bergabung dalam sebuah pesta.

5. Katakan 'Ya'
Makin banyak aktivitas, makin besar kesempatan untuk berbagai pertemuan. Tak perlu takut untuk mengatakan 'ya' pada beberapa undangan pesta atau nongkrong santai di kedai kopi.

Anda tak akan pernah tahu dari kata 'ya' ini bisa saja mempertemukan Anda dengan si calon pasangan potensial.

Selain itu, Anda juga harus belajar untuk menerima penolakan. Makin banyak menghadapi kasus penolakan, makin mudah Anda menghadapi kasus serupa ke depannya. Penolakan bukan berarti ada yang kurang atau salah dengan diri Anda. Lawan jenis cuma tidak tertarik dan ini manusiawi. Tak perlu diambil hati karena masih banyak yang potensial di luar sana.

[Gambas:Video CNN]

(els/asr)