FOTO: Ruang Interaktif di Terowongan Kota

Mohammad Safir Makki, CNN Indonesia | Minggu, 16/02/2020 14:36 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Bertambah lagi fasilitas bagi warga DKI Jakarta yang tak hanya nyaman, namun juga fotogenik.

Terowongan Penyeberangan Orang (TPO) yang dibangun pada 2006 dan selesai 2009  menghubungkan Stasiun Jakarta Kota dengan jalan di depan Museum Bank Mandiri. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Panjang terowongan sekitar 24 meter, lebar dalam 8,10 meter, dan lebar luar 10,10 meter. Antara Stasiun Kota dan Museum Bank Mandiri terdapat taman. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Area itu merupakan tempat penyeberangan. Air mancur yang semula berada di sebelah selatan taman dipindah ke tengah area penyeberangan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Ruang yang tersedia dan dapat digunakan para penyeberang jalan adalah musala dan toilet. Selain itu, kursi yang melingkar di sekitar air mancur dimanfaatkan para penyeberang jalan sebagai ruang tunggu dan pertemuan. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Terowongan Penyeberangan Orang (TPO) yang menghubungkan Stasiun Jakarta Kota dengan jalan di depan Museum Bank Mandiri, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Kios-kios kecil tempat pedagang brerjualan pakaian, makanan minuman untuk memanjakan pejalan kaki. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Terowongan Penyeberangan Orang (TPO) yang menghubungkan Stasiun Jakarta Kota dengan jalan di depan Museum Bank Mandiri, Jakarta, Rabu, 5 Februari 2020. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Tangga yang menghubungkan Museum Mandiri dihiasi warna-warni. Lorong melingkar pun dihiasi dengan tanaman dan bunga artifisial. (CNN Indonesia/Safir Makki)
TPO ini menjadi salah satu ruang santai dan interaktif bagi warga jakarta yang akan berganti angkutan umum mulai dari bus transjakarta, commuterline, angkot hingga ojek sepeda. (CNN Indonesia/Safir Makki)