5 Tips Makeup Tetap 'On' saat Memakai Masker

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 21:02 WIB
5 Tips Makeup Tetap 'On' saat Memakai Masker Ilustrasi. Meski masker menutupi sebagian wajah, bukan berarti Anda tak bisa tampil memesona dengan makeup yang tetap 'on'. (Istockphoto/ Jun)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memakai masker yang menutupi hidung hingga mulut merupakan salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona. Meski menutupi sebagian wajah, bukan berarti Anda tak bisa tampil memesona dengan makeup yang tetap on.

Makeup Artist asal China, Alvin Goh yang kerap mendandani selebriti Hollywood mulai dari Margot Robbie hingga Emma Watson membagikan sejumlah tips agar kulit tetap sehat dan makeup tetap on saat memakai masker.

Berikut 5 tips makeup tetap on saat memakai masker, dikutip dari SCMP.


1. Menambahkan rutinitas skincare
Menutup sebagian wajah dengan masker sepanjang hari dapat membuat kulit kering dan menyebabkan iritasi. Goh menyarankan untuk menambah rutinitas perawatan kulit dengan memakai skincare. Serum dan face mist dapat ditambahkan untuk memberikan nutrisi pada kulit.

"Tambahkan ramuan ajaib seperti serum dan krim yang kaya akan asam hialuronat untuk menjaga kadar air dan meningkatkan hidrasi," kata Goh.

Dikutip dari Huffington Post, gunakan serum yang sesuai dengan kondisi kulit agar hasilnya pun dapat maksimal.

2. Gunakan sunscreen
Walaupun sudah memakai masker, jangan pernah meninggalkan sunscreen atau tabir surya. Sinar UV tetap bisa menembus masker.

"Tabir surya adalah wajib, bahkan ketika Anda sudah menutupi diri. Sinar UV ada di mana-mana, bahkan di kantor jadi lindungi diri Anda," ucap Goh.

Ilustrasi. Jangan lupa tetap gunakan tabir surya, karena sinar UV tetap bisa menembus masker yang Anda gunakan. (Istockphoto/ Izusek)

3. Fokus pada mata
Saat memakai masker, titik perhatian bakal fokus pada mata atau bagian yang tidak tertutup masker. Fokuskan makeup pada bagian mata agar penampilan tetap menawan. Berikan eyeliner untuk mempertegas mata, eyeshadow untuk memberi warna, dan maskara untuk melentikkan bulu mata. Selain itu, buatlah alis senatural mungkin.

Hindari blush on dan juga lipstik karena dapat merusak atau menodai masker.

4. Gunakan lip balm
Meski tak memakai lipstik dan menutupi bibir dengan masker, bukan berarti bibir didiamkan begitu saja. Tetap perhatikan kesehatan dan dehidrasi bibir dengan mengoleskan lip balm yang mengandung vitamin E. Beberapa formula seperti minyak esensial dan peppermint juga dapat menutrisi kulit bibir.

5. Menggunakan foundation yang tepat
Jika menggunakan masker dalam waktu yang lama, sebaiknya hindari makeup di seluruh wajah. Goh menyarankan untuk memakai foundation tahan air dan mengaplikasikan bedak di atasnya untuk memberikan sentuhan segar pada kulit wajah.

Gunakan foundation yang sesuai dengan warna kulit untuk menghindari kulit kusam.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)