Tips Rayakan Valentine Buat Kaum Jomlo

tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 18:33 WIB
Tips Rayakan Valentine Buat Kaum Jomlo Ilustrasi: Sekalipun tanpa pasangan, kaum jomlo juga bisa merayakan valentine. Justru momen ini bakal jadi waktu mempraktikkan self love. (Foto: Ian Schneider/Unsplash)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Valentine kerap dimanfaatkan jadi momen yang istimewa bagi para pasangan kekasih maupun suami-istri. Pelbagai kegiatan dilakukan untuk merayakan peringatan yang jatuh setiap 14 Februari ini. Tapi bagaimana dengan mereka yang belum memiliki pasangan atau memilih untuk sendiri?

Bukan berarti Valentine kaum jomlo bakal jadi 'garing'. Tak perlu gigit jari saat para pasangan menggelar makan malam romantis atau bertukar kado.

Kaum jomlo justru bisa mempraktikkan self love alias memberikan cinta untuk diri sendiri. Berikut pelbagai cara dirangkum dari sejumlah sumber.



1. Tulis surat cinta
Wellness practitioner Liana Naima menyarankan untuk menuliskan surat cinta buat diri sendiri. Ada kalimat-kalimat yang ia sarankan seperti 'Saya mencintaimu karena ...', 'Saya mengapresiasi dirimu karena ...','Saya sadar bahwa ...'.

Proses menulis surat akan memberikan waktu bagi Anda untuk merefleksikan alasan mencintai juga mengapresiasi diri sendiri.

Jika surat dirasa terlalu panjang, Anda bisa membuat catatan hal-hal yang dicintai dari diri sendiri. Menurut relationship coach Clarissa Silva, mengungkapkannya pada torehan-torehan bisa membantu meningkatkan rasa percaya diri dan rasa penghargaan terhadap diri sendiri.


2. Nonton
Nonton film sendirian barangkali terdengar menyedihkan. Namun ini malah memberikan kesempatan Anda untuk bebas artinya bebas menentukan waktu nonton, film juga popcorn rasa apa yang ingin dinikmati.

Tak hanya bioskop, kini menikmati film atau serial pun bisa melalui gadget semisal Viu, Netflix. Siapkan tempat yang nyaman, kemudian bisa ditambah secangkir cokelat panas atau kopi.

Tips Rayakan Valentine Buat Kaum JomloIlustrasi: Menonton film sembari menikmati secangkir cokelat panas bisa jadi alternatif merayakan valentine. (Foto: Pixabay/sharonang)

3. Spa dan pijat
Tak ada salahnya memanjakan diri sendiri. Kim Anami, relationship expert berkata seorang yang single bisa saja membeli sex toys dan melewatkan sesi 'panas' dengan diri sendiri. Tak hanya itu, Anda juga bisa memanjakan diri sendiri dengan reservasi pijat dan spa.

"Rencanakan hari untuk spa atau pijat di mana Anda mencintai dan memberikan hadiah untuk diri sendiri," kata Anami mengutip dari She Knows.

4. Memasak

Momen Valentine bisa Anda jadikan waktu untuk terjun ke dapur. Anda bisa memasak makanan favorit atau mencoba resep baru.


Life coach Eric B. McCurdy berkata makanan terhubung dengan pikiran kemudian pikiran ke jiwa. Dia menyarankan untuk menikmati proses berkreasi, mencium aroma dan menyicip sesuatu yang baru.

"Jika Anda sendirian, nikmati masakan Anda sambil menonton serial atau film, atau cukup mendengarkan musik favorit sambil membaca buku," kata McCurdy mengutip dari Elite Daily.

5. Meditasi dengan cokelat

Cokelat dan meditasi? Kedua hal ini rasanya tak bisa disatukan. Namun Naima justru menyarankan untuk menyiapkan sekotak cokelat favorit dan bermeditasi.

"Coba renungkan: bagaimana perasaan hati Anda? Apakah hati Anda terasa terbuka dan menerima atau tertutup dan ketakutan?" kata Naima.

Tips Rayakan Valentine Buat Kaum JomloIlustrasi: Sekotak cokelat favorit dan meditasi bisa jadi kombinasi yang cocok untuk mengisi valentine kaum jomlo. (Foto: Istockphoto/fcafotodigital)

"Sambil menikmati cokelat, tutup mata, letakkan satu tangan di atas dada, tepat di jantung dan hirup napas untuk melewati ketegangan yang mungkin Anda rasakan."

Meditasi, kata dia, dapat meningkatkan kemampuan untuk mawas diri dan membuat Anda lebih berbelas kasih.

[Gambas:Video CNN] (els/NMA)