6 Panduan Saat Pertama Kali Terbang di Business Class

CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 14:42 WIB
6 Panduan Saat Pertama Kali Terbang di Business Class Ilustrasi. (Dok. Emirates Airline)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bisa terbang di kelas bisnis adalah impian sebagian besar pelancong, terutama yang sering melakukan penerbangan jarak jauh.

Bagi yang baru pertama kali naik kelas bisnis, berikut sejumlah tipsnya agar tak canggung selama penerbangan:

1. Cek bagasi


Penumpang kelas bisnis biasanya diperbolehkan membawa barang lebih banyak dibandingkan penumpang kelas ekonomi - meski aturan jenis barangnya tetap sama.

Hubungi pihak maskapai sebelum mengemas koper dan tas untuk mengetahui total kilogram yang boleh dibawa penumpang bisnis di kabin dan bagasi.

2. Pilih bangku

Jika terbang sendirian, lebih baik pilih bangku dekat jendela. Kalau terbang berdua, pilihlah bangku area tengah.

Bagi yang butuh privasi, bisa pilih bangku di bagian depan dekat kokpit.

Cek situs SeatGuru untuk mendapatkan peta area duduk di pesawat yang bakal ditumpangi.

Hati-hati saat memilih bangku, karena ada maskapai yang memasang tarif untuk layanan pemesanan bangku selama 48 jam sebelum penerbangan.

3. Layanan di darat

Penumpang kelas bisnis juga biasanya mendapat layanan selagi di darat, seperti bebas antrean check-in, lounge, sampai shuttle ke pesawat.

Sekali lagi, cek ke pihak maskapai mengenai layanan yang didapat sehingga tiket tidak mubazir.

Beberapa maskapai juga tetap memberikan layanan ini setelah pesawat mendarat.

4. Makanan dan minuman

Sama seperti bangku, beberapa maskapai juga memiliki layanan pemesanan menu sebelum penerbangan.

Kunjungi situs resmi mereka untuk mengetahui menu makanan yang disediakan, terutama bagi yang sedang menjalani diet khusus.

Jangan malu untuk meminta makanan atau minuman tambahan selama di pesawat, karena urusan perut penumpang bisnis memang lebih diutamakan dari penumpang ekonomi.

5. Strategi tidur

Usai makan, biasanya penumpang pesawat bakal tidur. Salah satu cara mengatasi jet-lag ialah mengecek jadwal mendarat sebelum tidur.

Jika pesawat bakal tiba malam, sebaiknya tahan kantuk selama 3-4 jam sebelum pendaratan, sehingga bisa langsung tidur saat sampai di tujuan.

Penumpang kelas bisnis juga bisa meminta makanan diantar sesuai jam yang dipilih sehingga tak mengganggu waktu tidur, meski harus menghubungi pihak maskapai sebelum terbang.

Kalau tidak mengerti cara membuat bangku menjadi tempat tidur lebih baik bertanya kepada awak kabin. Mereka juga tak segan merapikan bangku agar lebih nyaman untuk ditiduri.

6. Jangan malu bertanya

Dari bagasi, makanan, minuman, sampai piyama, adalah hak bagi penumpang bisnis.

Kalau merasa membutuhkan sesuatu, jangan malu bertanya kepada awak kabin dengan bahasa yang santun, agar tiket kelas bisnis yang telah ditebus dengan harga mahal bisa digunakan semaksimal mungkin.

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)