Yang Perlu Anda Ketahui Cara Mengatasi Kesedihan

tim, CNN Indonesia | Jumat, 07/02/2020 22:24 WIB
Yang Perlu Anda Ketahui Cara Mengatasi Kesedihan Ilustrasi: Setidaknya ada lima tahapan yang dilalui seseorang saat mengalami kesedihan. (Foto: Istockphoto/Pornpak Khunatorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setiap orang pernah mengalami kesedihan. Dan masing-masing orang memiliki cara untuk mengatasi duka tersebut. Penyebabnya beragam, ada yang karena kematian orang yang dicintai, kehilangan pekerjaanpercintaan yang kandas atau perkara lain yang biasa kita jumpai di kehidupan ini.

Kesedihan boleh jadi universal karena semua orang pernah mengalami, tapi bisa juga bersifat personal. Tak terjadwal, datang mana suka. Anda bisa menangis, marah, kesal, merasa kosong, atau ingin sendiri. Tidak satupun yang keliru. Setiap orang bisa jadi berbeda mengalami kesedihan. Tetapi setidaknya Anda bisa mengenali, ada beberapa tahapan umum selama kesedihan dikutip dari Health Line.

Pada 1969, seorang psikiater asal Swiss, Amerika Elizabeth Kubler Ross dalam bukunya "On Death and Dying" menemukan lima tahapan dalam sebuah kesedihan. Pengamatan ini dilakukan dia bertahun pada orang dengan sakit yang parah.



1. Penyangkalan
Kesedihan adalah emosi yang luar biasa sehingga bukan hal aneh jika respons yang muncul adalah penyangkalan. Berpura-pura tidak pernah terjadi sesuatu, atau tak sedang kehilangan orang yang paling disayang.

Penyangkalan memberikan waktu bagi Anda untuk menyerap proses dan apa yang telah terjadi. Hal ini merupakan mekanisme pertahanan yang lumrah sekaligus membantu Anda untuk keluar dari situasi mati rasa.

2. Marah
Ketika penyangkalan dianggap sebagai mekanisme membentengi diri, maka amarah adalah bagian dari penyamaran atau tipu daya. Kemarahan muncul karena emosi sekaligus rasa sakit yang acap dipendam.

Otak rasional akan menyadari bahwa tak ada yang bisa disalahkan. Tapi saat amarah meletup, perasaan akan lebih dominan. Kemarahan bisa jadi upaya menutupi kepedihan atau dendam. Namun ketika amarah mereda, Anda akan berpikir lebih rasional mengenai segala yang terjadi.

Yang Perlu Anda Ketahui Perkara Mengatasi KesedihanIlustrasi: Rasa marah muncul biasanya karena emosi atau rasa sakit yang acapkali disembunyikan. Foto: PublicDomainPictures/Pixabay
3. Tawar-menawar
Selama bersedih, Anda akan merasa rapuh dan tak berdaya. Di tengah kondisi ini tak jarang Anda mencari pemulihan dan bangkit dari duka. pada tahap ini biasanya seseorang akan memikirkan banyak kemungkinan:

'Bagaimana jika dia ....' atau 'Seandainya saja saya ...'

4. Depresi
Bila amarah terasa sangat aktif, maka depresi adalah ekspresi kesedihan yang tenang. Pada tahap awal kehilangan, seseorang biasanya akan bergelut dengan emosi dan mencoba melewatinya. 

Anda juga biasanya memilih untuk menyendiri dan tak bertemu siapapun untuk mengatasi kehilangan. Tapi bukan berarti depresi ini kondisi yang mudah didefinisikan atau baik-baik saja. Seperti tahapan kesedihan lainnya, depresi bisa membikin seseorang berantakan dan dalam posisi sulit.


5. Penerimaan
Penerimaan berarti Anda telah melewati kesedihan atau rasa kehilangan. Tapi tahapan ini tak selalu membahagiakan atau membangkitkan. Sekalipun begitu, pada bagian ini seseorang mulai bisa menerima dan memahami apa artinya semua ini untuk hidup ke depan.

Barangkali ada perasaan berbeda yang tak sepenuhnya bisa dijelaskan. Tapi ini yang diharapkan, Anda akan mengalami perubahan besar dalam hidup. Fase ini akan mengubah cara Anda dalam memaknai beberapa hal.

Penerimaan juga bisa membuat Anda menyadari dan turut mengucapkan, "akan ada hari-hari yang lebih baik dibanding hal buruk yang sudah dilalui ini. Tapi mungkin juga yang terjadi kelak akan lebih buruk dibanding yang ada kini, tapi itu tak masalah."


Tak semua orang mengalami lima tahapan tersebut dan Anda juga tak wajib melalui semuanya. Sebab kesedihan itu berbeda bagi setiap orang. Jadi Anda perlu menemukan sendiri. Baik ketika Anda mengalami tahap penyangkalan ataupun kemarahan atau saat tawar-menawar dengan perasaan duka.

Anda boleh jadi akan menetap pada satu tahapan selama berbulan-bulan. Tapi bisa jadi juga langsung melewati salah satu tahapan dan melompat ke bagian lain dari kesedihan. Bila perlu, bisa pula menemui psikolog atau psikiater untuk mendiskusikan kesedihan Anda.

[Gambas:Video CNN] (NMA/NMA)