5 Ritual Menenangkan Agar Tidur Nyenyak

tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 22:46 WIB
5 Ritual Menenangkan Agar Tidur Nyenyak Ilustrasi: Tidur yang nyenyak dan berkualitas bisa memberikan banyak perubahan baik bagi kesehatan ataupun mood. (Foto: Istockphoto/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tidur yang nyenyak atau tidur berkualitas akan mampu memberikan banyak perubahan bagi tubuh Anda. Baik dari segi fungsi organ maupun mood. Tetapi bagi sebagian orang, tidur nyenyak jadi perkara pelik.

Ada beberapa hal yang membikin otak Anda mumet, entah soal politik, perubahan iklim, kekhawatiran orang tua, kencan yang runyam, wabah virus corona atau problem lain yang menyumbang kesulitan tidur.

Berikut beberapa ritual sederhana yang bisa membantu Anda mendapatkan istirahat yang berkualitas.


Tapi jika Anda memiliki kelainan tidur seperti insomnia, narkolepsi, apnea atau lainnya karena kondisi medis, tips di bawah ini mungkin tak cocok. Bila itu yang terjadi, lebih baik Anda mengkonsultasikan masalah tersebut dengan dokter untuk mencari solusi yang tepat.


Meminum campuran teh

Minum teh hangat sebelum tidur bisa jadi salah satu ritual yang menenangkan. Teh ini bisa dikombinasikan dengan tanaman seperti lavender, chamomile, anggur, mawar hingga madu. Dijamin ini akan mendorong otak Anda lebih santai.

Selimut tebal

Sudah terbukti secara ilmiah dikutip Huffington Post, selimut adalah investasi untuk pengantar tidur. Pendeknya, selimut yang berat dan empuk akan membantu menstimulasi sistem saraf Anda. Dengan begitu, akan membantu menghilangkan rasa sakit, mengurangi kecemasan dan membantu memperbaiki suasana hati.

Hal tersebut pula yang bisa menjelaskan alasan mengapa sebagian dari sulit tidur ketika dalam keadaan cemas atau gelisah. Selimut yang empuk dan berat bakal bikin nyaman sekaligus menyenangkan.

5 Ritual Menenangkan Agar Tidur NyenyakIlustrasi: Selimut disebut-sebut sebagai salah satu investasi penting untuk mencapai tidur nyenyak dan berkualitas. Foto: Istockphoto/andresr

Pilih bantal yang tepat

Menemukan bantal yang sempurna ini agak susah-susah mudah. Beberapa bantal terlalu lembek, tapi ada juga yang kelewat keras. Tetapi ketika Anda berhasil memiliki satu bantal saja yang cocok, ini akan jadi piranti yang mendukung tidur nyenyak. Misalnya, dengan memeriksa kontur bantal dan menyesuaikannya dengan kepala Anda.

Aromaterapi

Bebauan dari aromaterapi adalah cara yang menenangkan untuk mengantar Anda ke keadaan rileks sebelum kemudian tidur. Aroma lavender secara khusus diketahui mampu menciptakan suasana tenang. Ada beberapa resep alami untuk membuat semprotan aromaterapi. Tapi jika Anda tak punya banyak waktu maka pilihlah aromaterapi wangi chamomile, lavender atau jeruk manis.


Pijatan di beberapa titik

Pijatan di titik tertentu bisa sedikit membayar setelah seharian lelah beraktivitas. Anda bisa menekan beberapa titik seperti telapak tangan atau telapak kaki sembari menarik napas dalam-dalam. Jangan lupa oleskan pula minyak esensial.

Temukan minyak esensial yang membuat Anda merasa lebih rileks dan tenang. Aroma lavender adalah salah satu yang diyakini mampu meredakan stres dan meningkatkan kualitas tidur.

[Gambas:Video CNN]


(NMA/NMA)