5 Cara Memilih Wedding Organizer Agar Tak Tertipu

Tim, CNN Indonesia | Senin, 10/02/2020 20:33 WIB
5 Cara Memilih Wedding Organizer Agar Tak Tertipu Ilustrasi. Pemilihan wedding organizer (WO) yang tepat penting agar resepsi pernikahan berjalan sesuai rencana. (OmarMedinaRD/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pernikahan yang sempurna merupakan impian banyak orang. Hari bahagia yang sudah dipersiapkan jauh-jauh hari ini sudah semestinya berjalan sesuai rencana. Oleh karena itu, pemilihan penyelenggara pernikahan atau wedding organizer (WO) penting untuk membuat resepsi berjalan lancar.

Jangan sampai salah memilih WO yang dapat membuat pernikahan berantakan dan jadi bencana. Misalnya, panggung yang tak rapi, pakaian yang tak sesuai, katering yang tak enak, atau dekorasi yang acak-acakan. Ada banyak kasus WO yang tak bertanggung jawab dan lepas tangan saat hari bahagia. Tengok saja yang dialami oleh puluhan korban penipuan WO di Depok, Jawa Barat, yang belakangan ramai jadi pembicaraan.

Berdasarkan polling yang dilakukan CNNINdonesia.com, pertimbangan utama saat memilih wedding organizer adalah paket lengkap yang disediakan. Sebanyak 38,1 persen pembaca memilih ketersediaan paket lengkap dari WO.


Pertimbangan rekomendasi dari teman dan harga yang terjangkau jadi pilihan seperempat pembaca. Rekomendasi teman dipilih 25,9 persen dan harga terjangkau 24,9 persen. Sedangkan testimoni di media sosial dipilih 11,1 persen pembaca.



Pastikan Anda memilih WO yang tepat agar tak rugi dan sakit hati saat menikah. Berikut tips dan trik memilih WO yang tepat, mengutip InStyle.

1. Lihat portofolio WO
Sebelum memutuskan memilih WO, lihat kembali portofolio atau pekerjaan yang sudah dilakukan wedding organizer tersebut. Periksa jumlah pernikahan yang sudah pernah diorganisir oleh WO tersebut. Lihat pula keberhasilan setiap pernikahan sebagai referensi.

Semakin banyak pernikahan yang sudah diselesaikan, dapat menjadi salah satu tanda WO tersebut sudah berpengalaman.

2. Ulasan pengguna
Selain melihat portofolio, lihat pula ulasan atau komentar pengguna mengenai jasa WO tersebut. Baca setiap testimoni sebagai bahan pertimbangan. Jika terdapat banyak komentar negatif, artinya WO tersebut tidak cukup berkesan bagi pengguna.

Jangan ragu untuk bertanya pada orang yang sudah menggunakan jasa WO untuk mengetahui cara kerja mereka. Rekomendasi dari teman yang sudah pernah memakai jasa WO juga bisa jadi bahan pertimbangan untuk kredibilitas WO.

3. Beri pertanyaan yang tepat
Sebelum memutuskan sebaiknya atur pertemuan personal dengan pasangan bersama WO yang diinginkan. Saat bertemu, ajukan sejumlah pertanyaan yang tepat untuk dapat melihat kapabilitas WO tersebut.

Beberapa pertanyaan yang dapat diajukan di antaranya seputar biaya jasa WO dan apa saja yang menjadi andalan dari WO.

Usai bertemu, diskusikan dengan pasangan untuk saling berbagi pendapat mengenai WO tersebut. Jika masih belum sesuai, tak ada salahnya mencoba menghubungi WO lain sebagai perbandingan.

4. Perhatikan spesialisasi WO
Tak semua WO ahli mengatur segala jenis pernikahan. Beberapa WO ahli mengatur pernikahan di ruang terbuka, sebagian lain justru bisa mengatur resepsi di dalam ruangan. Ketahui spesialisasi WO tersebut sesuaikan dengan rencana pernikahan Anda.

WO yang memberikan paket lengkap juga dapat menjadi pertimbangan karena pengaturan akan menjadi terpusat. Pastikan WO menyanggupi permintaan di acara pernikahan nanti.

5. Sesuaikan dengan bujet
Selalu bicarakan bujet dengan WO sebelum menandatangani kontrak. Pastikan WO menyanggupi bujet yang dimiliki untuk membuat resepsi pernikahan yang diimpikan.

Buat pula kontrak dengan detail agar terdapat bukti legal. Jangan sampai saat hari H, WO justru meminta tambahan biaya yang tak masuk akal.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)