Studi Klaim Tanaman di Meja Kerja Ampuh Redakan Stres

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 18:51 WIB
Studi Klaim Tanaman di Meja Kerja Ampuh Redakan Stres Ilustrasi: Kehadiran tanaman hias di meja kerja dapat mengurangi stres yang dirasakan pekerja secara signifikan. (Foto: Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari-hari yang sulit di tempat kerja, deadline yang tak henti-henti, dan bos yang menyebalkan kini bisa diredakan dengan tanaman di meja kerja. Penelitian terbaru menunjukkan kehadiran tanaman di meja kerja dapat mengurangi stres secara signifikan. Anda bisa menanam kaktus, lavender, bunga matahari, dan berbagai bunga hias lainnya yang cocok untuk meja kantor.

Studi terbaru dari Jepang yang dipublikasikan di jurnal HortTechnology meneliti pengaruh tanaman di pabrik dan meja kerja karyawan. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa menatap tanaman secara sengaja selama beberapa menit dan secara aktif terlibat dalam perawatannya, mengurangi stres ketika seorang karyawan merasa lelah.

Untuk mendapatkan hasil ini, peneliti melakukan pengukuran kecemasan melalui State-Trait Anxiety Inventory (STAI) index dan mencatat laju denyut nadi karyawan di pagi dan malam hari.


Pada minggu pertama, peneliti mengukur tingkat kecemasan karyawan tanpa melihat tanaman. Pada minggu kedua dan ketiga, peneliti memberikan tanaman dan mengajarkan cara merawatnya lalu melakukan tes serupa.

Hasil tes kecemasan pada karyawan menunjukkan penurunan setelah melihat tanaman selama tiga menit. Sebanyak 27 persen karyawan juga mengalami penurunan denyut nadi yang signifikan dan berarti positif. Penurunan denyut nadi menunjukkan sedasi pada sistem saraf simpatik, sebagai respons tubuh meredakan stres.

Selain itu, peneliti juga menilai perhatian yang diberikan karyawan saat merawat tanaman juga menurunkan stress.

Dikutip dari CNN, peneliti Masahiro Toyoda menyarankan agar pekerja dapat rehat sejenak sambil menatap tanaman untuk memperbaiki kesehatan mental di dunia kerja yang penuh tekanan.

Toyoda juga menyarankan untuk kerap membuat perubahan dalam merawat tanaman agar tak bosan, karena justru dapat meningkatkan stres.

"Ada beberapa bukti yang berkaitan dengan pengurangan stres manusia oleh alam dengan tanaman. Namun, ketika kita terbiasa atau bosan dengan adegan yang sama, efek pemulihan stres tidak akan berlanjut begitu lama," ucap Toyoda.

Selain menanam dan menatap bunga, penelitian lain juga menunjukkan melihat ke jendela, dan berjalan ke luar gedung perkantoran juga memiliki efek yang sama untuk mengurangi stres.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)