Cara Merawat Bibir Agar Merah Merona Alami

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 20:51 WIB
Cara Merawat Bibir Agar Merah Merona Alami Ilustrasi: Beberapa kebiasaan membuat bibir berwarna gelap. Ikuti beberapa cara merawat bibir agar tetap merah merona dan alami. (Foto: CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Warna lipstik ada beragam. Sayang, bibir gelap terkadang membuat pilihan warna yang beragam itu jadi terbatas. Agar bisa tampil cantik, ikuti beberapa cara merawat bibir agar merah merona alami.

Ada beberapa kebiasaan yang membuat bibir berwarna gelap. Beberapa kebiasaan itu di antaranya dehidrasi (kurang asupan cairan), kebiasaan merokok, hingga paparan sinar matahari.

Tak hanya membuat pilihan warna lipstik terbatas, bibir gelap juga melunturkan rasa percaya diri.


Mengutip Boldsky, berikut beberapa cara menghilangkan bibir hitam dan membuatnya merona alami.

1. Jaga kelembapan
Bibir yang sehat dan merona adalah bibir yang terjaga kelembapannya. Kekeringan membuat bibir pecah dan berwarna gelap. Gunakan lipbalm untuk menjaga kelembapan bibir.

Tanpa lipstik, kini juga tersedia lipbalm yang mampu memberikan rona pada bibir. Lipbalm juga bisa digunakan sebagai alas sebelum menggunakan lipstik matte.

2. Eksfoliasi
Saat lipbalm jadi perawatan harian, sisipkan eksfoliasi sebagai perawatan mingguan atau dua kali dalam seminggu. Eksfoliasi bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan membuat bibir lebih lembut serta merona.

Setelah bibir dibersihkan, gunakan scrub bibir untuk mengeksfoliasi bibir. Setelah selesai, bersihkan sisa scrub kemudian oleskan lipbalm.

Anda dapat memperoleh scrub bibir di pasaran atau membuatnya sendiri. Campurkan gula aren dan madu atau minyak zaitun sebagai scrub bibir Anda.

3. Lindungi dari paparan sinar matahari
Bibir bisa makin gelap akibat paparan sinar matahari. Sinar ultraviolet tak hanya berbahaya buat kulit, tetapi juga bibir. Kulit bisa dilindungi dengan tabir surya, tetapi bagaimana dengan bibir?

Anda dapat menggunakan lipbalm dengan kandungan SPF. Selain melembapkan, lipbalm dengan SPF bisa melindungi bibir dari sinar ultraviolet.

4. Jaga kebersihan dan kesegaran bibir
Siapa yang tak suka pakai pewarna bibir? Mulai dari lipstik, lipcream, lipcoat atau apa pun istilahnya, produk pewarna bibir ini membuat sebagian perempuan makin percaya diri.

Akan tetapi, penggunaan lipstik musti diimbangi dengan kebiasaan bersih-bersih bibir. Kandungan zat kimia pada lipstik bisa membuat bibir makin gelap.

Sebaiknya, bersihkan bibir dengan micellar water daripada cleanser. Cleanser biasanya mengandung bahan kimia yang cukup keras buat bibir.

5. Setop merokok
Perhatikan kebiasaan dan gaya hidup Anda. Kadang ada kebiasaan yang turut berperan membuat bibir jadi gelap, salah satunya adalah merokok. Kandungan nikotin pada rokok bisa membuat melanin pada bibir semakin gelap.

[Gambas:Video CNN]

(els/asr)