5 Manfaat Jamu Beras Kencur: Atasi Batuk hingga Stres

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 16:14 WIB
5 Manfaat Jamu Beras Kencur: Atasi Batuk hingga Stres Ilustrasi. Selain terasa enak dan menghangatkan, Anda juga bisa menikmati beragam manfaat kesehatan dari jamu beras kencur. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selain sebagai bumbu pelengkap masakan, kencur pun dikonsumsi sebagai jamu. Jamu beras kencur, misalnya, yang kaya akan manfaat.

Jamu beras kencur umumnya terbuat dari campuran beras, kencur, jahe, asam jawa, gula jawa, dan daun pandan.

Jamu ini paling banyak disukai masyarakat karena rasanya yang nyaman di lidah dan memberikan efek hangat untuk tubuh.


Berikut manfaat jamur beras kencur, mengutip berbagai sumber.

1. Meredakan bengkak

Kaki bengkak akibat keseleo bisa menimbulkan rasa sakit. Sebelum buru-buru ke dokter atau tukang pijat, Anda bisa mengandalkan beras kencur sebagai pertolongan pertama.

Cukup tumbuk beberapa ruas kencur dengan sedikit beras. Gunakan campuran ini untuk dioleskan pada bagian kaki yang bengkak. Tutup dengan kain atau kasa agar pasta campuran beras dan kencur tidak berceceran. Ramuan ini bisa meredakan rasa sakit dan mengurangi bengkak.

2. Bantu atasi batuk
Batuk kerap hadir saat musim hujan. Jamu beras kencur bisa Anda konsumsi untuk mengatasinya. Perpaduan kencur dan jahe dalam jamu bisa memberikan rasa hangat dan mengurangi batuk.

3. Antidiare
Manfaat dari konsumsi jamu beras kencur salah satunya adalah meredakan diare. Selain mengandalkan oralit, beras kencur rupanya terbukti mampu jadi obat diare secara alami.

Sebuah riset pada 2018 yang diterbitkan dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Science menemukan, kencur memiliki khasiat antidiare sekaligus antibakteri.

Peneliti melakukan percobaan dengan memberikan ekstrak kencur pada hewan yang mengalami diare. Kelompok yang mendapatkan ekstrak kencur mengalami perbaikan kondisi. Sedang yang tidak mendapatkan ekstrak kencur cenderung terus mengalami diare.

4. Atasi stres
Tak cuma di Indonesia, negara-negara lain pun memanfaatkan kencur sebagai obat herbal. Di Jepang, orang meyakini kencur bisa membantu mengatasi gangguan tidur dan stres.

5. Menjaga kadar gula darah
Bagi mereka yang memiliki diabetes, jamu beras kencur bisa jadi alternatif minuman berkhasiat. Tenang saja, rasa manis yang ditimbulkan tak akan membuat kadar gula darah melonjak.

Alih-alih menaikkan, jamur beras kencur justru memiliki manfaat untuk menurunkan kadar gula darah dan menjaganya agar tetap normal.

[Gambas:Video CNN]

(els/asr)