LANCONG SEMALAM

Zona 18: Momen Akrab di Trip Lancong Semalam Banyuwangi

CNN Indonesia | Selasa, 11/02/2020 16:48 WIB
Zona 18: Momen Akrab di Trip Lancong Semalam Banyuwangi Peserta Lancong Semalam Banyuwangi di Taman Nasional Baluran pada Sabtu (8/2). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Acara Lancong Semalam Banyuwangi dalam rangka HUT ke-18 Transmedia telah sukses digelar pada Sabtu, 8 Februari sampai Minggu, 9 Februari kemarin.

Kedelapan pembaca CNNIndonesia.com yang beruntung bisa ikut trip gratis ini ialah; Dewi Rachmanita Syiam, Fatimah Ramadhani, Irene Natalia Komala, Miranda Putri, Muhammad Irsyad Saputra, Sohib Abdullah, Vadel Rama Efriza, dan Yogi Aroon Sidabariba.

Walau sudah menang sayembara di awal, para peserta kembali ditantang untuk ikut lomba mengunggah foto dan video wisata Banyuwangi di Instagram selama trip berlangsung. Tentu saja ada hadiah menarik dalam lomba ini.



Perjalanan dimulai dari Bandara Internasional Soekarno Hatta di hari Sabtu pagi. Hujan deras tak menyurutkan semangat para peserta untuk menanti penerbangan paling pagi ke Banyuwangi.

Muka-muka mengantuk berubah cerah saat waktu boarding diumumkan tepat pukul 05.30 WIB, meski setelah duduk di dalam pesawat seluruh peserta langsung tertidur pulas.

Penerbangan berlangsung lancar hingga mendarat di Bandara Internasional Banyuwangi tepat pukul 07.00 WIB.

Begitu turun dari pesawat, langit terlihat cerah seketika. Jajaran pegunungan yang meliputi Banyuwangi nampak jelas, salah satunya Gunung Raung yang amat gagah. Semangat melancong kembali berkobar!

Peserta diajak mengisi perut dulu di Sego Tempong Mbok Wah yang berada di Jalan Gembrung. Rasanya tak terlihat lagi wajah-wajah mengantuk setelah menyuap nasi rames beserta sambal tomatnya yang menempong (menampar) lidah.

Zona 18: Keseruan Trip Gratis Lancong Semalam BanyuwangiIsi perut sebelum snorkeling di Sego Tempong Mbok Wah. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Usai isi perut, peserta digiring menuju Bangsring Underwater untuk snorkeling. Sepanjang perjalanan pemandu wisata sekaligus menceritakan sejarah dan potensi wisata Bumi Blambangan.

Sesampainya di Bangsring Underwater, peserta diajak berganti baju berenang dan naik kapal menuju tempat snorkeling. Sebenarnya jika punya waktu lebih banyak, pemandu wisata bisa saja mengajak ke Pulau Tabuhan yang berjarak 45 menit perjalanan kapal dari Bangsring Underwater.

Zona 18: Keseruan Trip Gratis Lancong Semalam BanyuwangiPersiapan snorkeling di Bangsring Underwater. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)


Hingga lewat jam makan siang peserta snorkeling dan bersantai di pinggiran pantai berpasir hitam itu. Selesai membilas dan berpakaian, peserta diajak mengisi perut kembali lalu menuju Taman Nasional Baluran.

Pemandu wisata mengatakan kalau ada yang berbeda dengan rupa Taman Nasional Baluran saat didatangi, karena vegetasinya bakal berwarna hijau bukan kuning seperti yang banyak dalam gambar di internet.

Hijaunya Baluran dikarenakan kami datang saat musim penghujan tiba, yang menyebabkan rerumputan di savana tumbuh lebat.

Zona 18: Keseruan Trip Gratis Lancong Semalam BanyuwangiPeserta asyik berfoto di savana Taman Nasional Baluran. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Meski tak merasakan kuningnya Baluran, nuansa Africa van Java tetap terasa di sana karena binatang khas seperti kera, rusa, dan banteng terlihat sering muncul mencari makanan.

Dari Gardu Pandang, Pantai Bama, sampai Hutan Mangrove Baluran energi peserta Lancong Semalam Banyuwangi seakan tak ada habisnya. Tak terasa waktu beranjak malam, tanda harus kembali ke kota.

Sebelum pulang ke hotel, peserta diajak makan malam menu khas Banyuwangi dulu di Waroeng Kemarang. Sembari makan Rujak Soto, peserta juga dihibur oleh Tari Gandrung yang meriah.

Zona 18: Keseruan Trip Gratis Lancong Semalam BanyuwangiTari Gandrung yang menemani makan malam. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)


Keesokan harinya, peserta diajak bangun pagi-pagi untuk datang ke Pasar Jajan di Desa Wisata Kemiren. Ada banyak jajanan pasar yang bisa dibeli di sana. Selain candil dan ongol-ongol, peserta juga bisa menyesap kopi di kedai kopi Omah Kopi.

Kedai Omah Kopi ini juga memberi edukasi kopi bagi para peserta, mulai dari pemetikan, pengolahan, hingga pembungkusan kopi. Sebelum pulang ke Jakarta, pengelola kedai kopi juga memberikan satu bungkus kopi arabica untuk masing-masing peserta sebagai oleh-oleh.

Zona 18: Keseruan Trip Gratis Lancong Semalam BanyuwangiEdukasi di kedai kopi Omah Kopi. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)

Acara Lancong Semalam Banyuwangi berakhir setelah pesawat yang ditumpangi kembali mendarat di Bandara Soetta pada Minggu (9/2) pukul 11.00 WIB.

Perpisahan ditutup dengan pengumuman lomba mengunggah foto dan video wisata Banyuwangi di Instagram yang dimenangkan oleh Irene Natalia Komala.

[Gambas:Instagram]

Baca terus CNNIndonesia.com untuk mengetahui sayembara trip gratis Lancong Semalam berikutnya!

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)