5 Cara Jaga Jantung Tetap Sehat Selain Diet dan Olahraga

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 12/02/2020 07:23 WIB
5 Cara Jaga Jantung Tetap Sehat Selain Diet dan Olahraga Ilustrasi. Bukan cuma diet sehat dan rajin berolahraga, beberapa kebiasaan sehari-hari juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung Anda. (Istockphoto/Delmaine Donson)
Jakarta, CNN Indonesia -- Diet sehat, berolahraga secara teratur, dan menjauhi rokok adalah cara yang paling efektif untuk membuat jantung Anda tetap pria.

Namun, di luar itu, ada langkah-langkah pencegahan lain yang dapat diambil untuk menurunkan risiko penyakit jantung.

Ahli kardiologi, John P Higgins berbagi lima strategi harian yang sangat sederhana untuk memastikan jantung berfungsi dengan baik. Berikut mengutip Live Strong.


1. Rajin menggosok gigi
Menggosok gigi penting untuk mencegah bau mulut dan gigi berlubang. Namun, siapa yang tahu jika kebiasaan ini juga berpengaruh untuk kesehatan jantung Anda.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Preventive Cardiology pada Desemper 2019 lalu menemukan, menyikat gigi dua kali sehari selama dua menit dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.

Mengapa? Para peneliti berteori bahwa kebersihan mulut yang buruk dapat menimbulkan bakteri dalam aliran darah, infeksi, dan peradangan sistemik yang merupakan inti dari penyakit jantung.

2. Tidur berkualitas
Kurang tidur juga bisa berdampak buruk untuk kesehatan jantung. "Kuantitas dan kualitas tidur yang buruk meningkatkan risiko stroke dan penyakit jantung koroner," ujar Higgins. Orang dewasa disarankan untuk tidur selama 7-9 jam per malam.

3. Memelihara hewan
Tak hanya menggemaskan, teman berbulu dengan empat kaki juga dapat meningkatkan kesehatan jantung. Orang yang memiliki hewan peliharaan melaporkan rasa bahagia yang lebih besar jika dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Sebuah meta-analisis yang diterbitkan pada Oktober 2019 menemukan, pemilik anjing cenderung hidup lebih lama.

Higgins juga merujuk penelitian lain yang menghubungkan kepemilikan anjing dengan tekanan darah rendah.

Perlu dicatat, hewan peliharaan seperti anjing dan kucing, dapat memberikan dukungan sosial dan menangkas rasa sepi, yang semuanya berkontribusi pada kesehatan yang lebih baik.

4. Hindari polusi udara
Udara yang tercemar tak hanya merusak lingkungan, tapi juga jantung. Seiring waktu, menghirup partikel polusi udara dapat meningkatkan risiko pembekuan darah, meningkatkan tekanan darah, menimbulkan peradangan di pembuluh darah, mengeraskan pembuluh darah, dan detak jantung yang tak teratur.

Centers for Disease Control and Prevention (CDC) merekomendasikan Anda untuk mengecek indeks kualitas udara di daerah Anda. Saat kualitas udara memburuk, batasi aktivitas di luar ruangan.

5. Tertawa
Tertawa adalah obat terbaik, terutama untuk menjaga kesehatan jantung.

"Tertawa dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan tekanan darah rendah. Penelitian juga menunjukkan bahwa tertawa dapat mengurangi peradangan arteri, meningkatkan kolesterol baik, dan menurunkan hormon stres," jelas Higgins.

Mengelola stres sangat penting dalam hal menjaga kesehatan jantung. Stres kronis dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar kolesterol, yang pada gilirannya meningkatkan peluang terkena penyakit kardiovaskular.

[Gambas:Video CNN]

(asr/asr)