6 Kiat Hemat Ongkos Transportasi dari Grab agar Bisa Menabung

Grab Indonesia, CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 11:54 WIB
6 Kiat Hemat Ongkos Transportasi dari Grab agar Bisa Menabung Grab punya cara agar kamu bisa hemat ongkos transportasi sehingga tetap bisa memprioritaskan menabung (Foto: Dok. Grab)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memiliki rutinitas yang padat dan aktivitas segudang kadang kala membuat sebagian orang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi. Padahal biaya perawatan dan ongkos yang harus dikeluarkan untuk bensin dan parkir bisa sangat menguras kantong.

Bagi orang yang tinggal di kota besar, ongkos transportasi adalah aspek penting yang harus dianggarkan dengan jelas. Nominalnya yang cukup besar bisa membeludak apabila pengeluaran dikelola dengan tidak cermat.

Mengutip SmartyCents, idealnya biaya bulanan untuk transportasi tak lebih dari 15 persen anggaran rumah tangga. Oleh karena itu, ada 6 trik yang dapat diterapkan untuk menekan biaya transportasi sehingga kamu bisa mengalokasikan uang untuk hal lainnya atau menabung.


1. Pertimbangkan jalan kaki
6 Kiat Hemat Ongkos Transportasi agar Kantong Tak JebolFoto: CNNIndonesia/Safir Makki

Saat ini kecenderungan ingin praktis membuat orang malas jalan kaki dan lebih memilih menggunakan kendaraan bermotor. Padahal selain menghemat biaya, jalan kaki adalah cara mudah untuk melestarikan lingkungan sekaligus metode termudah dan termurah untuk meningkatkan kesehatan.

2. Tinggal di dekat kampus atau kantor
Memilih tinggal di asrama kampus atau indekos dekat kantor akan menghemat ongkos transportasi secara signifikan. 15 menit adalah jarak waktu yang ideal untuk berjalan kaki dari tempat tinggal menuju kampus atau kantor, sehingga mengurangi kemungkinan kamu mengeluarkan ongkos transportasi tambahan.

3. Gunakan kendaraan roda dua
6 Kiat Hemat Ongkos Transportasi agar Kantong Tak JebolFoto: istock/kitzcorner

Saat ini sudah banyak dibangun jalur sepeda terbuka. Selain menghemat uang, berjalan atau mengayuh sepeda turut memberikan manfaat bagi kesehatan. Namun ada alternatif selain bersepeda yakni menggunakan sepeda motor, terutama jika kantor atau kampus kamu tak terjangkau transportasi umum.

4. Pilih kendaraan umum
Pertimbangkan menggunakan kendaraan umum jika kantormu terjangkau bus, KRL, atau MRT, ketimbang harus menyetir sendiri. Selain itu, naik transportasi umum dapat mengurangi stres sebab bisa bersantai selama perjalanan.

5. Nebeng
6 Kiat Hemat Ongkos Transportasi agar Kantong Tak JebolFoto: CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP

Nebeng atau carpooling adalah hal yang lumrah di kota besar. Sesuaikan jadwal pergimu dengan orang tua, suami/istri, atau teman yang memiliki tujuan searah. Dengan begitu, kamu bisa patungan biaya perjalanan sehingga lebih irit. Bisa juga manfaatkan kendaraan jemputan untuk karyawan yang disediakan oleh kantor.

6. Manfaatkan voucher Grab
Punya rutinitas padat seperti berangkat ke sekolah, pergi ke tempat ekskul, berangkat ke kantor, keluar meeting dengan klien, bahkan hangout bareng teman-teman bakal cukup menguras ongkos kendaraan.

Kabar baiknya, GrabBike menyediakan dua paket langganan terbaru, yakni Paket Pelajar dan Paket Pekerja. Paket ini bikin apa pun kegiatan kamu lebih gampang dan hemat ongkos hingga Rp135 ribu.

Kamu bisa mendapatkan voucher GrabBike Rp7.000 x 25 trip hanya dengan membeli paket seharga Rp40 ribu yang berlaku selama 7 hari. Hemat banget, kan?

Paket ini berlaku bagi pengguna di Jakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Makassar, Semarang, dan Yogya. Voucher hanya berlaku untuk pembayaran OVO, bukan OVO Points.

Tunggu apa lagi? Yuk, langganan Paket GrabBike sekarang biar kamu lebih hemat. (fef)