5 Tradisi Unik Valentine dari Penjuru Dunia

tim, CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 19:42 WIB
5 Tradisi Unik Valentine dari Penjuru Dunia Ilustrasi: Beberapa negara di dunia punya tradisi unik dalam merayakan valentine. Salah satunya, bertukar surat. (Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari Valentine rupanya tak sekadar memberikan bunga atau cokelat untuk mengungkapkan kasih sayang. Tidak pula hanya diisi makan malam romantis dengan kekasih. Di sejumlah negara, perayaan yang jatuh saban 14 Februari ini justru menyimpan tradisi unik.

Kebiasaan di masing-masing negara tentu berbeda-beda. Berikut beberapa contoh tradisi unik yang barangkali bisa menjadi inspirasi Anda mengisi Valentine bersama orang terkasih.

1. Denmark - bertukar surat
Orang Denmark merayakan Hari Kasih Sayang dengan saling bertukar kartu ucapan seperti surat. Kartu yang dibuat dan ditulis sendiri itu ditempel dengan bunga putih yang disebut tetesan salju atau snowdrops.



Kartu ucapan ini membuat Hari Valentine terasa semakin spesial.

2. Ghana - Hari Cokelat Nasional
Ghana merayakan Hari Valentine sebagai Hari Cokelat Nasional. Pemerintah Ghana menetapkan Hari Cokelat Nasional bertepatan dengan Hari Valentine pada 2007 lalu sebagai upaya untuk meningkatkan penjualan cokelat dan pariwisata di negara itu. Ghana merupakan salah satu negara penghasil kakao terbesar di dunia.

Dikutip dari Travel Triangle, alhasil setiap 14 Februari, Ghana dipenuhi dengan berbagai kegiatan yang identik dan cokelat juga Hari Valentine.


3. Bulgaria - membuat anggur
Orang Bulgaria merayakan Hari Valentine dengan meracik anggur. Mereka menamai hari ini sebagai Day of Winemakers atau Hari Membuat Anggur. Pasangan tua dan muda merayakan cinta mereka dengan membuat dan menenggak segelas anggur lokal.

5 Tradisi Unik Valentine 14 Februari di Seluruh DuniaIlustrasi: Pasangan tua atau muda merayakan hari kasih sayang dengan membikin anggur. (Foto: AFP PHOTO / Tiziana FABI)

4. Jepang - memberi kado untuk lelaki pujaan
Tradisi Valentine yang unik juga berlangsung di Jepang. Setiap 14 Februari, hanya para perempuan yang boleh memberikan hadiah kepada kekasih atau pria idaman.


Sebaliknya, sang pria tak boleh memberikan hadiah kepada perempuan. Para pria mesti bersabar menunggu hingga sebulan kemudian yakni pada 14 Maret untuk memberikan hadiah tanda cinta pada kekasih. Hari ini dikenal dengan White Day.

5. Filipina - menikah
Banyak pasangan di Filipina merayakan Hari Valentine dengan mengabadikan cinta dalam pernikahan. Dikutip dari Eton Institute, di Filipina bahkan disediakan Kasalang Bayan atau pernikahan massal yang terbuka bagi pasangan yang ingin menikah tepat pada Hari Valentine.

[Gambas:Video CNN] (ptj/NMA)