Sains: Robert Pattinson, Pria Tertampan di Dunia

tim, CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 10:09 WIB
Sains: Robert Pattinson, Pria Tertampan di Dunia Penelitian berdasar golden ratio menyebut bahwa Robert Pattinson adalah pria paling tampan di dunia.(Jason Merritt/Getty Images/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kriteria cantik dan tampan memang berbeda tiap orang. Ada yang bilang cantik dan tampan itu dilihat dari fisik, tapi ada juga yang didasarkan pada kepribadian seseorang dan juga ada yang menggabungkan keduanya.

Namun ternyata itung-itungan ilmiah alias sains juga punya caranya sendiri untuk menentukan faktor ketampanan dan kecantikan seseorang. Sains mengonfirmasi bahwa Robert Pattinson adalah pria paling tampan di dunia.

Penelitian tersebut juga dilakukan dengan menggunakan teknik pemetaan komputerisasi oleh ahli kosmetik Harley Street, Julian De Silva.


Penelitian yang dilakukan untuk menemukan wajah paling sempurna di dunia ini didasarkan pada rasio emas beauty Phi yang mengukur kesempurnaan fisik seseorang. Mengutip Yahoo, penelitian menyebut bahwa mata, alis, hidung, bibir, dagu, rahang, dan bentuk wajah Pattinson adalah yang paling dekat dengan ide kesempurnaan ketampanan versi orang Yunani Kuno.

Pattinson memiliki rasio kesempurnaan sekitar 92,15 persen dari indeks tersebut. Pattinson berhasil merebut posisi pertama dari pria tampan tahun lalu yaitu George Clooney. Posisi Clooney sendiri merosot sampai ke tempat kelima. Alasannya? Karena proses penuaan yang terjadi pada pria berusia 58 tahun yang menyebabkan hilangnya volume wajah.

"Robert Pattinson adalah juara pertama ketika semua elemen wajah diukur untuk kesempurnaan fisik," kata De Silva dikutip dari Yahoo Style.


"Teknik pemetaan komputer baru ini memungkinkan kami untuk memecahkan misteri yang membuat seseorang terlihat cantik secara fisik. Teknologi ini berguna ketika merencanakan operasi (plastik) untuk pasien."

Nilai Pattinson untuk posisi mata adalah 94,7 persen, Lebar hidung 94,67 persen, bibir 82 persen, dagu 95,1 persen, Area bawah hidung dan atas bibir 89,4 peren, bentuk wajah 91,1 persen. Golden rasionya adalah 92,15 persen.

Di bawah Pattinson, Superman Henry Cavill ada di posisi dua dengan rasio 91,64 persen, Bradley Cooper dengan 91,8 persen, Brad Pitt 90,51, Hugh Jackman 89,64 persen, David Beckham 88,96 persen, Idris Elba 88,01 persen, dan Ryan Gosling dengan 87,48 persen. (chs)