7 Cara Agar Kulit Sensitif Tetap Kuat

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 07:28 WIB
7 Cara Agar Kulit Sensitif Tetap Kuat Ilustrasi. Jerawat dan ruam sering kali tak bisa dihindari para pemilik kulit sensitif. (Istockphoto/Sasha_Suzi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kulit sensitif merupakan kondisi kulit yang mudah iritasi. Alhasil, kulit dapat lebih mudah sobek atau memar. Jerawat dan ruam juga sering kali tak bisa dihindari. Kulit sensitif dapat diperbaiki dengan memperkuat kondisi kulit.

Meningkatkan kemampuan kulit yang sensitif bisa membuat kulit lebih tahan terhadap berbagai masalah. Selain itu, kulit juga dapat lebih mudah beradaptasi dengan berbagai kondisi.

Berikut tujuh cara yang dapat dilakukan agar kulit sensitif semakin kuat dan membaik.


1. Melindungi kulit dari matahari
Paparan sinar matahari dapat merusak kulit sensitif. Sinar matahari membuat kulit kering dan menua sebelum waktunya.

Sebaiknya, hindari berada di bawah cahaya matahari pada pukul 10 pagi hingga 3 sore. Lindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan tabir surya.

2. Minum banyak air
Konsumsi banyak air putih untuk memperkuat kulit sensitif. Dikutip dari CNN, kekurangan air atau dehidrasi dapat membuat kulit lebih tipis dan sensitif. Minum air yang cukup dapat menjaga kondisi kulit tetap kuat.

3. Hindari deterjen
Hindari penggunaan produk berdeterjen dan astringen. Deterjen terkandung dalam produk pembersih baju dan piring, sampo, dan sabun. Kandungan deterjen dapat merusak dan menghancurkan lemak yang membantu sel kulit tetap kuat.

Sebaiknya, gunakan produk pembersih yang bebas deterjen dan pewangi agar kulit tidak meradang.

4. Menjaga tubuh tetap dingin
Selain matahari, hindari pula berada pada suhu yang terlalu panas. Suhu yang panas juga dapat membuat kulit iritasi. Oleh karena itu, selalu jaga kondisi tubuh tetap dingin seperti berada dalam ruangan yang dingin dan sejuk serta mandi dengan air dingin.

Menggunakan serum pendingin atau minyak esensial untuk mendinginkan tubuh juga bermanfaat menjaga kulit tetap kuat.

5. Menggunakan pelembap
Menggunakan pelembab dapat memperkuat ikatan lipid atau lemak yang menjaga sel-sel kulit dari iritasi. Pastikan kulit tetap lembap agar terhindar dari iritasi.

Kulit kering dapat menggunakan losion atau minyak kelapa sebagai pelembap. Sedangkan kulit berminyak, bisa menggunakan pelembap berbasis silikon.

6. Konsumsi buah dan sayur
Makanan juga memainkan peran penting bagi kulit sensitif. Konsumsi banyak buah dan sayuran untuk menyuplai antioksidan yang dibutuhkan kulit. Mineral dan vitamin dapat meningkatkan produksi kolagen menjaga kulit tetap sehat dan muda.

Buah dan sayuran juga dapat mengurangi iritasi pada kulit sensitif.

7. Kelola stres
Stres juga berpengaruh pada kondisi kulit. Kelola stres agar kondisi kulit sensitif tak meradang. Lakukan kegiatan yang menyenangkan untuk mengelola stres seperti menonton, bermain atau pijat.

Jaga kondisi kulit sensitif agar semakin kuat dan tak mudah iritasi.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)