Polling: Takut Corona, Turis Indonesia Pilih Wisata Domestik

CNN Indonesia | Kamis, 13/02/2020 18:08 WIB
Polling: Takut Corona, Turis Indonesia Pilih Wisata Domestik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai di Bali. (CNNIndonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wabah virus corona faktanya membuat enggan turis Indonesia untuk melancong ke luar negeri, seperti yang terlihat dari hasil survei Twitter yang dilakukan CNNIndonesia.com pada Kamis (13/2).

Dari total 466 pembaca, sebanyak 63,1 persen menyatakan lebih memilih wisata di dalam negeri ketimbang di luar negeri.

Pembaca yang menyatakan lebih memilih wisata dalam negeri namun meminta agar pemerintah Indonesia menurunkan harga tiket pesawat.


Lalu sebanyak 22,7 persen menyatakan tidak ingin berwisata di dalam negeri, sementara 14,2 persen menyatakan ragu-ragu.

Pembaca yang menyatakan tidak ingin berwisata sebagian besar mengatakan kalau harga tiket pesawat domestik yang mahal membuat mereka memilih di rumah saja ketimbang berwisata.



Kedatangan turis domestik tentu saja diharapkan oleh pelaku usaha wisata di Indonesia, yang selama ini diuntungkan oleh kedatangan turis China sebelum virus corona mewabah.

Sejak pemerintah resmi menutup penerbangan dari dan ke China sejak 5 Februari 2020 lalu, kunjungan wisatawan China ke Bali turun.

Bahkan, Bandara Bali sempat menolak kedatangan turis karena diketahui terbang dari China di tengah kekhawatiran virus corona.

Tak hanya Bali, destinasi wisata yang digemari turis China lainnya seperti Bintan juga terbilang sepi sekarang.


Dalam Forum Group Discussion dengan pemangku kepentingan di industri pariwisata Bali pada Rabu (12/2), Dinas Pariwisata Bali meminta Presiden Jokowi memberi diskon tiket pesawat dari berbagai wilayah Tanah Air ke Bali demi kedatangan turis domestik ke Pulau Dewata.

Sehari setelahnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan bakal melaporkan rumusan insentif penerbangan untuk maskapai kepada Presiden Joko Widodo pekan depan.

"Akhir minggu ini atau awal minggu depan difinalkan, baru kami laporkan ke Presiden," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kamis (13/2) seperti dikutip dari Antara.


Dia menjelaskan saat ini pihaknya akan membahas terlebih dahulu dengan Kementerian Keuangan, salah satunya untuk pengurangan kewajiban penyetoran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang akan digunakan sebagai salah satu insentif untuk maskapai.

"Karena yang punya kewenangan untuk menetapkan dikurangi atau ditiadakan itu Kementerian Keuangan," katanya.

Ada atau tidaknya virus corona, turis tetap harus menjaga kesehatan selama berwisata.

Beberapa cara tak terpapar virus penyakit selama berwisata ialah rajin cuci tangan, memastikan kondisi badan fit, dan tidak melakukan kontak langsung dengan orang dengan penyakit menular seperti batuk atau pilek.


[Gambas:Video CNN]


(ard)