Restoran Pizza di Film Parasite Diserbu Turis

CNN Indonesia | Jumat, 14/02/2020 12:01 WIB
Lokasi syuting Parasite di Korea Selatan semakin ramai dikunjungi turis setelah film itu memborong Piala Oscar tahun ini. Salah satu adegan dalam film Parasite. (Dok. CJ Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lokasi syuting Parasite di Korea Selatan semakin ramai dikunjungi turis setelah film itu memborong Piala Oscar tahun ini, salah satunya toko pizza yang omzetnya disebut melonjak drastis.

Film thriller yang mengkritik kesenjangan antara si kaya dan si miskin itu berhasil memenangkan empat Piala Oscar, termasuk untuk kategori Film Terbaik.

Parasite menjadi film berbahasa asing pertama yang memenangkan kategori bergengsi itu sejak Academy Awards diselenggarakan pada tahun 1929.


Warga Korea Selatan sangat gembira dengan keberhasilan film besutan Bong Joon-ho itu.

Turis lokal dan mancanegara berbondong-bondong datang ke lokasi syuting film tersebut.

"Penjualan meningkat dua kali lipat," kata Eom Hang-ki, (65) pemilik Sky Pizza, restoran berkapasitas sepuluh tempat duduk yang menjadi lokasi syuting film Parasite di selatan Seoul.

"Kemarin, mesin pizza sempat rusak karena kelebihan pesanan.

"Sangat istimewa dan mengharukan ketika mereka memenangkan penghargaan Oscar," tambahnya.

Pelanggan bernama Go Jin-kyu (37) mengatakan mengunjungi toko pizza membuatnya "bangga sebagai sesama warga Korea Selatan".

"Sebelumnya saya hanya mengunjungi toko pizza dari waralaba besar. Saya datang ke sini karena tempat ini menjadi lokasi syuting film, sehingga terasa sangat istimewa."

Pemerintah kota telah berupaya memanfaatkan fenomena Parasite, dengan mempromosikan empat lokasi syuting film di situs resmi Badan Pariwisata Seoul.

Di Supermarket Pig Rice, barat Seoul, sang pemilik yang bernama Kim Kyung-soon mengatakan: "Saya benar-benar bahagia dan berterima kasih kepada mereka yang telah membuat film yang bagus di sini dan membuat saya ikut terkenal."

Tetapi tidak semua reaksi terasa positif, tambah Kim yang telah menjalankan toko selama 35 tahun.

Saat ini ada pembicaraan tentang lokasi syuting yang bakal dilestarikan sebagai objek wisata. Isu tersebut membuat beberapa warga "khawatir bahwa lingkungannya tidak akan dikembangkan kembali".

[Gambas:Video CNN]

(AFP/ard)