Tips Agar Selalu Segar Saat Bangun Tidur

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 07:58 WIB
Tips Agar Selalu Segar Saat Bangun Tidur Ilustrasi: Ada sejumlah cara yang bisa dilakukan agar segar setiap bangun tidur pada pagi hari. (Foto: Istockphoto/andresr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rutinitas membuat beberapa orang ogah-ogahan mengawali hari. Apalagi jika masih awal pekan. Terlebih bagi para pekerja di kota-kota besar yang saban hari terpaksa menghadapi kemacetan. Waktu akan habis di jalanan. Belum lagi, tiba di kantor masih harus didera tumpukan pekerjaan.

Istirahat sepulang kerja pun seolah tak ada artinya. Tidur malam juga seperti tak terasa. Keesokan paginya, belum tentu pula Anda bisa bangun dengan tubuh yang fresh. Sebagian dari Anda boleh jadi masih ingin menetap di kasur, tapi apa daya, waktu libur masih lama.

Ada yang pernah bilang, kualitas sebuah hari dimulai dari bagaimana Anda memulai pagi. Bangun tidur dalam kondisi yang segar, adalah salah satu jalan baik untuk mengawali hari. Seorang spesialis gangguan tidur di Mayo Clinic, Timothy Morgenthaler seperti dikutip Health Line merekomendasikan beberapa hal yang bisa Anda jajal.



Tidur cukup
Tidur yang cukup, jangan berlebihan, jangan pula terlalu singkap. Rata-rata waktu tidur yang cukup untuk orang dewasa antara 7-8 jam. Morgenthaler memastikan tak ada istirahat paling mujarab kecuali tidur yang cukup. Sekalipun kedengaran sederhana, langkah ini manjur untuk memulihkan tubuh Anda.

Jam tidur yang konsisten
Pastikan waktu tidur dan bangun Anda sesuai dengan jadwal, polanya teratur. Konsistensi waktu istirahat ini berkaitan dengan bagaimana tubuh Anda melakukan perbaikan.

Semakin konsisten maka kian baik pula kualitas pemulihan tubuh Anda. Ini berhubungan dengan ritme sirkadian atau siklus alami biologis di tubuh manusia sepanjang 24 jam. Mulai dari tidur sampai bangun, dan begitu seterusnya.


Hindari alkohol
Mengonsumsi alkohol pada malam hari berpotensi mengakibatkan kualitas tidur yang buruk dan tidak lelap atau sering terbangun.

Bergerak
Biarkan tubuh Anda aktif bergerak sepanjang hari. Olahraga rutin misalnya, dipercaya mampu meningkatkan kualitas dan durasi tidur. Kebiasaan ini juga bisa membantu Anda untuk mengatur siklus tidur dan bangun menjadi normal. Selain itu tubuh yang aktif juga akan memudahkan Anda untuk terlelap.

Nah, setelah mengetahui pelbagai cara di atas, tak ada salahnya untuk coba menerapkannya. Bisa dimulai besok, atau mungkin lusa.

[Gambas:Video CNN] (NMA/NMA)