Di Momen Valentine, Puluhan Ular Kawin di Florida

CNN Indonesia | Senin, 17/02/2020 17:15 WIB
Di Momen Valentine, Puluhan Ular Kawin di Florida Ilustrasi. (Istockphoto/mkkerr)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah kota di Florida menutup sebagian taman setelah penduduk melihat puluhan ekor ular berkumpul untuk musim kawin tahunan mereka.

"Tampaknya mereka berkumpul untuk kawin," kata Dinas Rekreasi dan Taman Kota Lakeland di Facebook dengan foto salah satu ular yang terlihat di taman oleh Danau Hollingsworth, sebelah barat daya Orlando.

Pejabat pada hari Kamis (13/2) menutup daerah di mana para reptil telah berkumpul untuk "kencan" pra-Valentine mereka.


"Ini demi perlindungan publik dan ular," kata departemen mengenai penutupan daerah.

"Mereka tidak berbisa dan umumnya tidak agresif selama orang tidak mengganggu mereka. Setelah musim kawin selesai, mereka harus berpisah."

Ular yang licin diidentifikasi sebagai ular air asli Florida yang tidak berbahaya.

"Mereka umumnya ditemukan beristirahat di dahan pohon di atas air atau berjemur di garis pantai. Mereka adalah bagian penting dari ekosistem dan tidak boleh diganggu," kata departemen itu.

Warga bernama Tim Newberry, yang foto-foto ular-nya mendadak viral di Facebook, mengatakan kepada 10News bahwa ia melihat sekitar 25 ekor ular pada hari itu.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat bahwa setiap tahunnya ular menggigit sekitar 5,4 juta orang di seluruh dunia.

Diperkirakan 81 ribu sampai 138 ribu orang meninggal akibat gigitan tersebut, sementara sekitar 400 ribu orang yang selamat menderita cacat permanen dan akibat buruk lainnya.

Jika sedang berwisata alam atau datang ke kawasan yang rawan kawanan ular, berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menghindari gigitannya yang berbisa:
  1. Jangan memprovokasi ular.
  2. Saat berada di rimbunnya rumput atau semak, kenakan sepatu kulit, hentakan kaki saat melangkah, dan buka jalan dengan tongkat kayu untuk memperingatkan kawanan reptil yang ada di sekitar bahwa ada manusia yang melintas.
  3. Ketika sedang berada di alam bebas, selalu waspada dan siaga untuk bertemu dengan kawanan ular. Mungkin dari rimbunnya rumput atau semak, mungkin juga dari atas pohon atau tepi sungai.
  4. Bagi yang khawatir rumahnya disusupi ular, mulai periksa bagian gelap, lembab, atau dekat dengan sumber makanan, karena biasanya ular bersarang di sana. Melindungi pintu dengan kawat nyamuk juga bisa dilakukan untuk mencegah ular masuk ke dalam ruangan.
  5. Jika mengalami atau melihat orang yang digigit ular, ingat warna dan bentuk ular yang menggigit dan segera cari pertolongan terdekat, baik klinik atau rumah sakit. Jangan coba-coba menangkap ular atau mengobati bisa ular jika tidak terbiasa.
[Gambas:Video CNN]

(AFP/ard)