5 Minuman yang Dapat Membersihkan Ginjal

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 21/02/2020 07:54 WIB
5 Minuman yang Dapat Membersihkan Ginjal Ilustrasi: Demi kondisi ginjal yang sehat, Anda bisa meminum racikan sederhana ramuan sendiri. Salah satunya dari jahe. (Foto: Istockphoto/Ben-Schonewille)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ginjal merupakan organ penting tubuh yang berfungsi menyaring darah dan membuang racun dari dalam tubuh. Oleh karena itu, kondisi ginjal mesti terjaga agar tetap dapat membebaskan tubuh dari racun.

Terdapat sejumlah minuman yang bisa dikonsumsi untuk membersihkan dan menjaga kondisi ginjal agar tetap sehat. Minuman-minuman ini dapat mencegah infeksi maupun radang yang kemungkinan terjadi pada ginjal.

Minuman ini juga bisa didapatkan dan dibuat dengan mudah dan murah. Berikut 5 minuman yang dapat membersihkan ginjal.



1. Rebusan Jahe
Meminum teh atau air rebusan jahe dapat menghilangkan radikal bebas dan mengurangi peradangan pada ginjal.

Dikutip dari HHD Research, membuat air rebusan jahe dapat dilakukan dengan cara memarut jahe yang sudah dibersihkan. Masukkan jahe ke dalam air panas dan biarkan selama lima menit. Madu juga bisa ditambahkan sebagai pengganti gula.

2. Jus lemon
Selain dapat membersihkan lemak dan hati, jus lemon juga dapat membersihkan ginjal. Kandungan asam sitrat dalam lemon dapat membersihkan sisa-sisa kalsium pada ginjal. Kalsium yang menumpuk merupakan asal mula batu ginjal.

Jus lemon dapat dibuat dengan cara memeras lemon dan mencampurkannya dengan air dingin.


3. Rebusan kunyit
Kunyit mengandung antioksidan yang dapat melawan inflamasi. Studi menunjukkan kunyit dapat menghentikan peradangan terkait penyakit ginjal kronis. Kunyit juga menurunkan tekanan darah, yang menjadi penyebab atau faktor risiko penyakit ginjal.

Meminum air rebusan kunyit, teh kunyit, atau jamu kunyit dapat membersihkan ginjal. Menambahkan kunyit dengan asam juga merupakan paduan yang nikmat.

4. Rebusan daun jelatang
Daun jelatang terkenal sebagai obat herbal yang ampuh mengobati sejumlah penyakit, termasuk ginjal. Dikutip dari Health Line, daun jelatang mengandung senyawa yang mengurangi peradangan. Antioksidan dalam daun jelatang juga melindungi ginjal dari radikal bebas.

Segenggam daun jelatang dapat direbus dan diminum untuk mendapatkan khasiatnya.


5. Teh dandelion
Teh dandelion atau bunga randa tapak dapat bermanfaat untuk ginjal. Bunga dandelion yang banyak tumbuh di pekarangan rumah kaya akan vitamin A, B kompleks, C, dan D, serta zat besi, kalum, dan zinc.

Teh dandelion bersifat diuretik sehingga dapat membuat ginjal bekerja lebih baik membuang racun. Dandelion juga mengganti kalium yang hilang di dalam urine.

Teh dandelion dapat dikonsumsi dengan menyeduh sejumlah bunga dan daun dandelion yang sudah dibersihkan.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/NMA)