Manfaat Biji Nangka: Melawan Bakteri hingga Mencegah Keriput

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 13:18 WIB
Manfaat Biji Nangka: Melawan Bakteri hingga Mencegah Keriput Ilustrasi. Kandungan nutrisi yang kaya di dalamnya membuat biji nangka memiliki beragam manfaat, mulai dari melawan bakteri jahat hingga mencegah keriput pada wajah. (Istockphoto/nipapornnan0
Jakarta, CNN Indonesia -- Tak cuma dagingnya, biji nangka juga bisa Anda nikmati. Kandungan nutrisi yang kaya di dalamnya membuat Anda dapat menyerap beragam manfaat biji nangka dengan mengonsumsinya.

Nangka merupakan buah yang banyak ditemukan di kawasan Asia. Daging buah yang menyerupai durian ini populer digunakan sebagai pengganti daging dalam gaya hidup vegan. Buah ini juga memiliki biji berukuran besar yang bisa Anda konsumsi.

Mengutip Live Strong, sebuah studi yang dipublikasikan dalam Food Chemistry Journal mencatat, biji nangka mengandung sekitar 92,8-94,5 persen pati. Sekitar 30 persen pati dalam biji nangka terbuat dari pati resisten, yang lebih sehat daripada karbohidrat. Konsumsi pati resisten dikenal dapat membantu merangsang aliran darah di usus besar.


Selain itu, biji nangka juga mengandung protein, lemak, karbohidrat, magnesium, fosfor, kalium, zat besi, vitamin B1, B2, dan C. Biji nangka juga disebut mengandung berbagai senyawa antioksidan yang dikenal dapat mencegah berbagai penyakit, termasuk kanker.

Beragam kandungan yang ada di dalamnya membuat biji nangka memiliki banyak manfaat seperti berikut, mengutip berbagai sumber.

1. Melawan bakteri
Dalam pengobatan tradisional, biji nangka digunakan untuk mengatasi diare. Mengutip Healthline, beberapa penelitian menemukan bahwa biji memiliki sifat antibakteri.

Sebuah studi menemukan, permukaan biji nangka ditutupi dengan partikel-partikel kecil yang bertindak sebagai agen antibakteri. Studi menyimpulkan, biji nangka berpotensi untuk mencegah penyakit yang disebabkan bakteri dari makanan.

2. Mencegah kanker
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa biji nangka memiliki sifat antikanker. Hal ini diyakini karena kandungan antioksidannya yang tinggi seperti flavonoid, saponin, dan fenolik.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa senyawa antioksidan dapat membantu memerangi peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan memperbaiki kerusakan DNA.

3. Menjaga kesehatan sistem pencernaan
Biji nangka dikenal dengan kandungan seratnya. Serat membantu menormalkan gerakan usus untuk memproduksi kotoran dan membuatnya lebih lembut, sehingga memperlancar pencernaan.

Serat juga dianggap sebagai prebiotik, yang memberi makan bakteri baik di dalam usus. Bakteri usus dipercaya dapat membantu pencernaan tetap sehat.

4. Mengurangi kadar kolesterol
Kadar kolesterol tinggi menjadi faktor risiko beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan jantung.

Sebuah studi pada tikus menemukan bahwa biji nangka dapat menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

5. Mengatasi anemia
Biji nangka juga dikenal kaya akan zat besi. Nama terakhir merupakan salah satu komponen penting yang diperlukan untuk memproduksi hemoglobin.

Mengutip Style Craze, kadar zat besi yang cukup dapat membantu tubuh mengatasi anemia dan mencegah beberapa kelainan darah. Zat besi juga dapat mengatasi rasa lelah yang muncul sebagai salah satu gejala anemia.

Selain itu, zat besi juga meningkatkan produksi sel darah merah, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah penyakit.

6. Mengatasi keriput
Antioksidan dalam biji nangka dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini dan mengurangi keriput pada wajah.

Anda hanya perlu menggiling biji nangka dan campur dengan susu hingga berbentuk pasta. Oleskan pasta pada permukaan wajah secara teratur sekitar 1-2 kali per hari.

7. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Manfaat ini didapat dari kandungan vitamin A yang dimiliki biji nangka. Vitamin A diketahui dapat mencegah rambut rapuh. Protein yang kaya dalam biji juga dapat meningkatkan kesehatan rambut.

Zat besi dalam biji nangka juga diketahui dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala yang berkontribusi menjaga kesehatan rambut.

Beragam manfaat tersebut bisa didapat dengan mengolah biji nangka. Olah biji nangka dengan merebusnya atau memanggangnya.

[Gambas:Video CNN] (asr/asr)