7 Rutinitas Minggu Malam Demi Senin Pagi yang Menyenangkan

Tim, CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 00:11 WIB
7 Rutinitas Minggu Malam Demi Senin Pagi yang Menyenangkan Ilustrasi. Menulis hal-hal yang disyukuri menjadi salah satu rutinitas jelang tidur di hari Minggu malam agar Senin pagi terasa menyegarkan. (Kaboompics)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akhir pekan kerap kali terasa cepat. Belum puas berlibur, kaum pekerja sudah harus kembali menghadapi hari Senin.

Aneka tips tidur nyenyak tak cukup membantu meski sudah dilakoni. Betapa tidak, rasa cemas akan tugas-tugas yang menumpuk di hari Senin sudah begitu membabi buta.

Untuk membuat hari Senin lebih menyenangkan, ada beberapa kebiasaan di malam hari yang perlu Anda lakukan. Berikut mengutip Glamour.


1. Siapkan keperluan untuk Senin pagi di Minggu malam
Jika Anda terbiasa menyiapkan pakaian sebelum mandi, kali ini coba lakukan hal tersebut di malam hari jelang tidur. Atau, Anda juga bisa menuliskan daftar hal-hal yang harus dilakukan di pagi hari.

Psikolog Ryan Howes mengatakan, dengan cara-cara di atas, Anda bisa menikmati pagi yang lebih santai untuk memulai hari.

2. Menghubungi seseorang
Rasa lelah dan stres bisa membuat seseorang sulit tidur. Menonton televisi umumnya menjadi solusi untuk mengalihkan stres. Namun, Howes menyarankan Anda untuk terhubung dengan orang lain, seperti menelpon atau saling berkirim pesan dengan seorang teman.

"Itu menjadi pengingat bahwa Anda tidak sendiri," kata Howes.

3. Merapikan kamar
Membersihkan dan merapikan kamar mungkin bukan aktivitas favorit semua orang. Hanya saja, demi mood yang baik di Senin pagi, tak ada salahnya untuk meluangkan sedikit waktu untuk merapikan dokumen, buku, atau melipat tumpukan baju yang belum disetrika.

4. Tulis hal yang disyukuri
Bersyukur jadi salah satu kebiasaan baik untuk kesehatan mental. Semakin banyak upaya untuk menyadari hal-hal yang disyukuri, Anda makin terbiasa untuk bersyukur daripada harus memikirkan dan stres karenanya.

Tulis hal-hal yang Anda syukuri di malam hari, apa pun itu, termasuk hal kecil sekali pun. Jika Anda tak terbiasa menulis, Anda juga bisa berlatih dengan memikirkan hal-hal yang disyukuri.

5. Membaca
Jadikan membaca sebagai bagian dari rutinitas jelang tidur. Dengan membaca, tubuh menjadi rileks.

Pada dasarnya, inti dari rutinitas malam adalah membuat tubuh rileks dan membiarkan dunia semakin kecil hingga yang tersisa hanya Anda dan batal.

Howes mengatakan, dengan membaca, fokus Anda akan beralih dari keramaian dunia dan drama seharian menuju satu cerita yang sedang dinikmati. "Itu [membaca] membantu segala sesuatunya menjadi lebih kecil hingga ada bisa tidur," kata dia.

6. Memijat diri sendiri
Ambil waktu untuk menghargai tubuh yang sudah berjuang seharian. Anda bisa mengoleskan losion atau body butter sembari memijat tubuh. Rasakan sensasi pijatan di sekujur tubuh.

7. Secangkir teh tanpa kafein
Secangkir teh bisa membuat Anda lebih tenang. Mulai dari menyeduh teh, tubuh diajak untuk memasuki waktu tenang dan rileks. Aroma teh pun bisa memancing Anda untuk menikmati tiap tegukannya.

Ada beberapa jenis teh yang baik dinikmati jelang tidur. Teh chamomile sangat direkomendasikan karena tidak mengandung kafein.

[Gambas:Video CNN]

(els/asr)