Pulau Kodingareng Keke Disinggahi Kapal Perang Indonesia

CNN Indonesia | Selasa, 18/02/2020 14:57 WIB
Pulau Kodingareng Keke Disinggahi Kapal Perang Indonesia KRI Dewaruci yang sedang berlayar di Laut Jawa. (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI mendatangkan dua kapal perang legendaris Indonesia, yakni KRI Dewaruci dan Bima Suci-945, untuk mendukung dan menyukseskan kegiatan Garuda di Lautku pada Maret mendatang.

"KRI legendaris Indonesia KRI Dewaruci akan disandingkan dengan KRI Bima Suci-945 untuk menghibur warga dan kita akan buka untuk umum atau openship di bulan Maret nanti," ujar Komandan Lantamal VI Laksamana Pertama TNI Hanarko Djodi Pamungkas di Makassar, seperti yang dikutip dari Antara pada Selasa (18/2).

Ia mengatakan bersandingnya KRI Dewaruci dan Bima Suci itu merupakan peristiwa yang jarang terjadi dan di luar Pulau Jawa.


Laksamana Hanarko menyatakan KRI Bima Suci-945 adalah penerus dari KRI Dewaruci yang telah berlayar lebih dari 63 tahun.

"Kedatangan kedua kapal fenomenal ini akan mengukir sejarah baru bagi Indonesia khususnya Kota Makassar karena peristiwa ini, pertama kalinya terjadi di luar Pulau Jawa," katanya

Kehadiran dua kapal perang Indonesia ini untuk mendukung dan menyukseskan beberapa kegiatan dari Lantamal VI, di antaranya penanaman terumbu karang kebangsaan Garuda di Lautku.

Selain itu ada pula pemecahan rekor MURI Pramuka Saka Bahari, yakni meniup peluit tradisi TNI AL dengan formasi parade roll di atas KRI Dewaruci.

Kegiatan Garuda di Lautku digelar di Pulau Kodingareng Keke, pulau cantik yang bisa dijangkau dari Makassar.

Laksamana Hanarko juga menyampaikan bahwa kegiatan Garuda di Lautku bertujuan menggelorakan semangat bela negara dan mencintai laut Indonesia.

"Kenapa kami memilih Pulau Kodingareng Keke sebagai tempat untuk pelaksanaannya, karena pulau ini merupakan ikon wisata bawah laut Provinsi Sulawesi Selatan yang belum banyak dikenal," katanya.

Secara geografis posisi Pulau Kodingareng Keke juga berada tepat di tengah-tengah Indonesia.

Pulau Kodingareng Keke bukan satu-satunya permata Sulawesi Selatan yang bisa ditempuh dari Makassar.

Tak berada jauh dari pulau cantik itu juga ada Pulau Samalona, Pulau Lae-Lae, dan Pulau Kayangan.

[Gambas:Video CNN]

(ANTARA/ard)