6 Lokasi Syuting Film Parasite yang Bisa Dikunjungi Turis

CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 15:08 WIB
6 Lokasi Syuting Film Parasite yang Bisa Dikunjungi Turis Sky Pizza, salah satu lokasi syuting film Parasite. (Ed JONES / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah Parasite karya sutradara Korea Selatan Bong Joon Ho menjadi film non-Inggris pertama yang meraih penghargaan Best Picture di Piala Oscar tahun ini, jumlah turis yang datang ke lokasi syuting filmnya di Korea Selatan semakin bertambah.

Film Parasite menggambarkan ketimpangan sosial yang terjadi antar dua keluarga, Kim dan Park. Satu keluarga tinggal di bedeng, satu keluarga tinggal di mansion.

Berita buruknya, rumah yang menjadi lokasi syuting hanyalah rekaan belaka dan tak bisa dikunjungi. Tapi jangan khawatir, ada banyak lokasi syuting film Parasita lain yang bisa dikunjungi penggemar.


Badan pariwisata Seoul dan Korea Selatan telah menyusun panduan wisata ke beberapa lokasi pembuatan film Parasite, seperti. yang dijelaskan di bawah ini:

1. Woori Supermarket

Di awal film, Kim Ki Woo muda (Choi Woo Shik) terlihat meminum soju bersama temannya di luar Supermarket Woori, di mana ia belajar tentang pekerjaan guru bimbel paruh waktu untuk keluarga kaya.

Adegan ini sebenarnya difilmkan di Supermarket Doijissal Seoul (Pig Rice Supermarket).

Menampilkan kulkas es krim Lotte jadul, pintu depan toko sembako ini telah menjadi tempat pemotretan populer berkat film tersebut.

"Saat ini, banyak turis mancanegara datang ke sini," Kim Kyung Soon, pemilik Doijissal Supermarket mengatakan kepada saluran siaran bahasa Inggris Korea, Arirang.

"Kami melihat empat kelompok berbeda dua hari lalu. Saya tidak bisa menghitung berapa banyak orang yang mengambil foto di depan toko kami. Ada juga wartawan dari Jepang dan Spanyol."

Distrik Mapo, di mana supermarket berada, juga merupakan rumah bagi beberapa objek wisata termasuk Seoul Trickeye Museum dan Mapo Oil Tank Culture Park - bekas depot minyak yang telah diubah menjadi ruang publik yang indah.

Woori Supermarket. (Ed JONES / AFP)

Doijissal Supermarket (Woori Supermarket), 32 Songijeong-ro, Mapo-gu, Seoul; Buka setiap hari mulai jam 08.30 sampai 00.30.

2. Seongbuk-dong

Ketika Kim Ki Woo sedang dalam perjalanan untuk wawancara pekerjaan guru bimbelnya dan bertemu Park pertama kalinya, ia berjalan melewati desa menawan bernama Seongbuk-dong.

Lingkungan lereng bukit yang makmur di Seoul adalah rumah bagi banyak tempat tinggal duta besar, galeri seni, dan kafe.

Tempat wisata terdekat termasuk Hanyang City Wall ( Seoul City Wall) dan Kilsang Temple.

Korea Furniture Museum yang cantik dan satu-satunya yang indah juga terletak di daerah tersebut.

24, Seonjam-ro 8-gil, Seongbuk-gu, Seoul

3. Tangga ke rumah Park

Ingat adegan ketika saudara perempuan / putri / ahli terapi seni Kim Ki Jung (Park So Dam) membeli banyak buah persik dan membawanya naik ke rumah Park, bagian dari skema jahat untuk membuat ibunya mendapat pekerjaan?

Jarak ke tangga itu hanya sepelemparan batu dari Supermarket Doijissal.

Karena daerah tersebut sebagian besar merupakan tempat tinggal, pemandu wisata Seoul ke lokasi syuting film meminta pengunjung "untuk tidak mengganggu warga".

Tidak jauh dari tangga, tempat-tempat wisata lainnya termasuk Ahyeon-dong Furniture Complex, Seosomun Park dan Songijeong Sports Park.

3 Songijeong-ro, 6-gil, Mapo-gu, Seoul

4. Jahamun Tunnel

Jahamun Tunnel. (Ed JONES / AFP)

Ini salah satu adegan paling penting dalam film Parasite.

Menyusul penemuan bawah tanah yang mengejutkan, tiga anggota keluarga Kim dipaksa untuk menghabiskan malam di bawah meja ketika keluarga Park tiba-tiba pulang dari trip berkemah mereka. (Ini juga adegan yang membuat banyak dari kita mencari resep "ram don and sirloin" di internet.)

Akhirnya, Kim melakukan pelarian mengerikan dan berlari menuruni tangga panjang di tengah hujan lebat dan masuk ke Terowongan Jahamun Seoul.

Dikatakan bahwa Bong secara khusus menggunakan situs ini untuk memvisualisasikan perbedaan kelas antara yang kaya dan yang miskin.

Tangga berada di pintu masuk terowongan bergaris hijau, yang memiliki jalur pejalan kaki di satu sisi jalan.

Sementara di daerah ini turis juga dapat mengunjungi Gyeongbokgung Palace yang indah - istana kerajaan terbesar yang dibangun selama Dinasti Joseon.

Changgyeonggung Palace yang lebih kecil namun juga bersejarah dan Changdeokgung Palace yang terpelihara dengan baik juga dekat dengan terowongan.

219, Jahamun-ro, Jongno-gu, Seoul

5. Orga Whole Foods

Toko kelontong lain yang ditampilkan dalam film ini adalah Orga Whole Food Supermarket di Bangi-dong.

Di sinilah ibu penyayang, Park Yeon Kyo pergi untuk membeli semua barang yang dia butuhkan untuk pesta ulang tahun putranya yang tak terlupakan.

Dalam kehidupan nyata, Orga Whole Foods menyediakan makanan sehat ramah lingkungan yang bertujuan untuk mencapai "keseimbangan yang harmonis antara tubuh dan pikiran, individu dan komunitas, manusia dan alam" sebagaimana dinyatakan di situs webnya (hanya dalam bahasa Korea).

Orga Whole Foods, 4, Yangjae-daero 71-gil, Songpa-gu, Seoul

6. Pizza Generation

Sky Pizza. (Ed JONES / AFP)

Restoran Pizza Generation dalam film Parasite sebenarnya Sky Pizza.

Pizzeria ini pertama kali dibuka 17 tahun yang lalu.

Menurut Badan Pariwisata Seoul, pemilik harus mengajari aktor cara melipat kotak pizza berbentuk unik seperti dalam film.

Sky Pizza sekarang dengan bangga menampilkan tanda tangan dari Bong serta foto pemilik toko dengannya di dinding.

Selain pizza, restoran ini juga terkenal dengan ayam goreng Korea, menjadikannya tempat yang sempurna untuk mengakhiri tur Parasite di Seoul.

Sky Pizza, 86, Noryangjin-ro 6-gil, Dongjak-gu, Seoul; Buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 22.00

[Gambas:Video CNN]

(ard/ard)