Mandi Air Hangat Ternyata Punya Manfaat untuk Jantung

Advertorial, CNN Indonesia | Kamis, 20/02/2020 00:00 WIB
Mandi Air Hangat Ternyata Punya Manfaat untuk Jantung Foto: Dok. Ariston
Jakarta, CNN Indonesia -- Meskipun belum banyak yang menggunakan water heater, ternyata mandi dengan menggunakan air hangat memiliki berbagai manfaat yang penting bagi kehidupan kita. Pertanyaannya, apakah Anda mengetahui bahwa mandi air hangat itu memiliki berbagai manfaat bagi tubuh?

Dilansir dari healthline, penelitian di Inggris menemukan bahwa mandi dengan air hangat dapat membantu mengurangi peradangan dan mengontrol kadar gula darah seperti halnya olahraga. Air hangat juga baik bagi bayi dan juga orang tua. Selain itu, dilansir dari medicalnewstoday masih banyak lagi manfaat dari air hangat yang bisa didapatkan antara lain:

Meningkatkan Kesehatan Otot dan Sendi


Seperti yang disebutkan di atas tadi, mandi air hangat dapat membantu tubuh dalam merelaksasi otot dan juga sendi agar tidak kaku. Mandi air hangat juga dapat meningkatkan aliran darah yang ada di dalam tubuh.

Meningkatkan Fungsi Otak

Pada tahun 2018 dilakukan sebuah penelitian tentang mandi dengan air panas terhadap neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF). BDNF adalah protein yang memiliki beberapa fungsi penting di otak dan sumsum tulang belakang. Pada penelitian tersebut, melibatkan 8 orang pria yang dibagi dalam 2 kelompok.
Foto: Dok. Ariston
Kelompok pertama mandi selama 20 menit dengan air hangat 42 derajat dan kelompok lainnya mandi dengan air bersuhu 38 derajat. Hasilnya adalah peserta yang mandi menggunakan air hangat lebih banyak memproduksi BDNF dibandingkan peserta yang mandi dengan air biasa.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Pada tahun 2014, ada sebuah review dari catatan hidroterapi yang menyebutkan bahwa mandi air hangat dapat meningkatkan aliran darah pada orang yang terkena penyakit jantung kronis. Ini disebabkan oleh pelebaran alami pembuluh darah saat terkena suhu tinggi.

Meningkatkan Kualitas Tidur

Sebuah rekomendasi diberikan oleh National Heart, Lung, and Blood Institute untuk mandi air hangat sebelum tidur. Ini dilakukan sebagai cara untuk meningkatkan kualitas tidur. Hal tersebut terjadi karena kondisi otot yang rileks dan juga penurunan suhu setelah tubuh terkena air hangat.

Dari semua manfaat yang diberikan dalam menggunakan air hangat untuk mandi, Anda dapat menggunakan air hangat yang bisa digunakan dengan nyaman. Hal ini sejalan dengan konsep smart home yang baru-baru ini menjadi tren di masyarakat. Sebagian orang bahkan kini sudah mengikuti tren tersebut untuk meningkatkan kualitas kehidupan yang lebih nyaman melalui teknologi.

Sebenarnya apakah Smart Home itu? Sebenarnya tidak ada definisi khusus untuk smart home. Namun, smart home itu sendiri adalah ketika sebuah rumah sudah memiliki teknologi yang mendukung seluruh rumah, biasanya teknologi itu sudah terhubung dengan internet dan juga smartphone. Hal ini membuat seseorang dapat mengendalikan segala perabotannya hanya lewat gadget mereka.
Foto: Dok. Angga Laraspati/detikcom
Berbagai perabotan rumah juga sudah memiliki sistem teknologi yang canggih untuk mendukung konsep smart home tersebut, di antaranya televisi, AC, speaker, lampu, bahkan water heater. Water heater menjadi suatu hal baru yang mendukung konsep smart home tersebut. Karena biasanya water heater dioperasikan secara manual.

Menjawab tantangan tersebut, Ariston Thermo Group menghadirkan sebuah inovasi terbaru untuk mendukung konsep smart home kepada pengguna water heater yang mulai meningkat, khususnya di Indonesia. Pada 19 Februari 2020, Ariston meluncurkan Smart Water Heater pertama di Indonesia yang menjadikannya sebagai water heater pertama yang dapat dioperasikan dengan menggunakan Wi-fi.

Direktur Pemasaran PT Ariston Thermo Indonesia, Erwin Lim mengatakan pihaknya sangat bangga menjadi pelopor smart water heater pertama di Indonesia lewat produk Andris2 Top Wi-fi yang dilengkapi dengan mobile apps Ariston Net. Kenyamanan menggunakan water heater pun kini sudah berada di ujung jari penggunanya.

"Tidak ketinggalan, Ariston memberikan garansi seumur hidup khusus untuk Andris2 Top Wi-Fi yang dilengkapi dengan elemen pemanas berbahan titanium untuk daya tahan yang kuat. Selain itu, produk ini juga akan memberikan kenyamanan dan juga keamanan setiap pemakainya, karena dilengkapi dengan beberapa fitur canggih," ujar Erwin Lim saat peluncuran produk baru Ariston di Ballroom Hotel Ritz Carlton, Jakarta.
Foto: Dok. Ariston
Adapun untuk produk dari Ariston ini sudah diuji pada bagian bumi yang paling ekstrem. Bekerja sama dengan University of Copenhagen, Ariston secara resmi mengumumkan kampanye globalnya yaitu 'The Ariston Comfort Challenge'. Pada kampanye ini, Ariston mengirimkan tiga teknisi terbaikyang berasal dari Rusia, Italia, dan China untuk merakit sebuah rumah modular yang hangat dan inovatif. Rumah tersebut terletak di Pulau Disko yang terletak di lepas pantai barat Greenland.

Pulau ini adalah tempat penelitian bagi tim peneliti Universitas Kopenhagen yang terdiri dari 6 peneliti untuk mengumpulkan sampel yang bertujuan mengungkapkan penemuan terobosan dalam studi perubahan iklim. Tempat ini memiliki suhu yang ekstrim mencapai antara -20 derajat dan -50 derajat di musim dingin.

Rumah yang dibangun oleh 3 teknisi Ariston tersebut (Ariston Comfort Zone) menjadi tempat berlindung para peneliti dengan memberikan kenyamanan dan kehangatan yang sebelumnya belum pernah mereka bayangkan.

"Para peneliti ini sebelum adanya rumah tersebut harus bolak balik ke kota untuk menghangatkan diri karena mereka itu harus tinggal di dalam sebuah tenda di cuaca yang ekstrim tersebut," Jelas Erwin Lim.

The Ariston Comfort Zone juga dilengkapi dengan air panas untuk kenyamanan yang maksimal bahkan selama musim dingin hal itu tidak dapat terjadi tanpa produk dari Ariston. Untuk itulah Ariston menghadirkan produk yang tepat untuk kenyamanan para pengguna.

Ini juga memberikan bukti bahwa Ariston selalu memberikan kualitas yang unggul dan terbaik melalui produk-produknya. Karena, selain membuktikan komitmennya terhadap sustainability, terbukti melalui kampanye tersebut, produk Ariston mampu bekerja dengan baik dan berhasil memberikan kenyamanan untuk semua orang bahkan pada kondisi paling ekstrim di dunia.

Untuk informasi lainnya terkait produk Ariston, bisa dilihat di sini. (adv/adv)