5 Cara Atasi Nyeri Otot Setelah Olahraga

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 22/02/2020 09:47 WIB
5 Cara Atasi Nyeri Otot Setelah Olahraga Usai olahraga, tak jarang tubuh jadi pegal dan mengalami nyeri otot. Berikut lima cara mengatasi nyeri otot. (Istockphoto/ Marija Jovovic)
Jakarta, CNN Indonesia -- Olahraga adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan juga menurunkan berat badan alias diet. Namun, tak dimungkiri jika olahraga bakal membuat otot tubuh jadi sakit dan pegal.

Saat berolahraga Anda merasa senang dan tak merasa sakit, namun hal ini disebabkan oleh endorfin yang membuat Anda merasa kuat, sehat, hidap. Namun ketika Anda bangun keesokan paginya, Anda tak bisa turun tangga atau berjalan tanpa mengeluh sakit.

Jika bergerak saja sulit, kembali berolahraga pasti bakal lebih sulit. Nyeri otot yang dialami bakal membuatnya terasa mustahil. Mengutip Metro, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri otot.


1. Yoga
Jika Anda ingin meredakan nyeri otot, lakukan yoga. Ini adalah metode pemulihan aktif, olahraga ringan dengan resistance minimal. Selain yoga, berjalan santai, berenang, atau bersepeda akan membantu meringankan nyeri otot.

"Ini cenderung lebih bermanfaat daripada beristirahat pasif, tak melakukan apa pun dan melakukan peregangan," kata Jake.

Studi mengungkapkan bahwa pemulihan aktif adalah strategi yang efektif untuk mengurangi kelelahan otot.


"Saya mulai yoga di malam hari setelah olahraga, dan itu benar-benar mengubah segalanya. Saya hampir tak pernah nyeri otot lagi," kata To Jenane, pakar nutrisi dan kebugaran.

"Anda harus menyesuaikan latihan yoga agar fokus pada otot yang dilatih saat itu."

2. Jangan pijat
Anda mungkin merasa pijat setelah olahraga bakal meringankan nyeri otot.

"Terlepas dari popularitasnya, tak ada bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa pijat setelah olahraga akan membantu mengurangi nyeri otot," kata Jake.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pijatan dapat mengurangi rasa sakit - kemungkinan dengan mengeluarkan beberapa racun di otot - tetapi fungsi otot tidak ditemukan membaik, dan sekali lagi bukti tidak cukup besar untuk menarik kesimpulan.

3. Makanan
Nutrisi adalah hal penting dalam kebugaran. Sebelum, selama, dan setelah latihan tubuh Anda perlu memiliki jumlah energi dan nutrisi yang tepat.

'Memastikan pengisian cairan dan makanan yang memadai sangat penting untuk membantu mendukung proses pemulihan,' jelas Jake.


4. Tekanan
Pemakaian legging hingga kaos kaki yang pas tubuh akan membantu mengurangi nyeri otot. Penelitian telah menemukan bahwa menggunakan pakaian kompresi dapat menurunkan nyeri otot selama periode pemulihan - dan membuat Anda kembali ke kekuatan maksimum Anda lebih cepat.

5. Tidur
Alasan sempurna untuk meredakan nyeri otot pascaolahraga adalah tidur. Tidur adalah bagian penting dari pemulihan kebugaran Anda.

'Anda telah membuat robekan mikroskopis pada serat otot dan ini perlu diperbaiki, karenanya pertumbuhan otot.,' Jelas Tom Tom Jenane, pakar nutrisi dan kebugaran.

"Walaupun sebagian besar berpikir bahwa Anda membangun otot di gym, Anda sebenarnya membuat mikro-air mata di otot dan Anda membangun otot saat Anda tidur. Karena itu, Anda harus banyak tidur di malam hari.

Anda harus tidur minimal tujuh jam untuk membantu tubuh pulih dari nyeri otot olahraga paling efektif.

(chs)