5 Cara Tidur Nyenyak saat Hidung Tersumbat

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 23:07 WIB
5 Cara Tidur Nyenyak saat Hidung Tersumbat Ilustraso. Orang yang sedang terkena flu kerap kesulitan untuk tertidur karena hidung yang tersumbat. (Istockphoto/Tharakorn)
Jakarta, CNN Indonesia -- Di musim flu, hidung bakal lebih sering tersumbat dan membuat pernapasan terganggu, termasuk saat sedang tidur. Orang yang sedang menderita flu kerap kesulitan tidur dan mengalami gangguan tidur lantaran kerap terjaga di malam hari.

Ada sejumlah cara yang dapat dilakukan agar tidur tetap nyenyak meski sedang flu dan hidung tersumbat. Cara ini dapat dilakukan dengan mudah sebelum tidur.

Berikut cara tidur nyenyak saat hidung tersumbat.


1. Mandi air panas
Mandi air panas adalah cara yang baik untuk meredakan hidung tersumbat. Uap air membantu mengencerkan lendir di hidung dan membantu peradangan.

"Meskipun tidak menghilangkan hidung tersumbat sepenuhnya, mandi air panas dapat menghilangkan gejala dalam waktu yang signifikan untuk membuat tidur lelap," kata pakar tidur Natalie Armstrong, dikutip dari Metro.

Alternatif lain dapat dicoba dengan menghirup uap dari air yang mendidih.

2. Minum air yang banyak
Cairan sangat penting bagi tubuh termasuk saat sedang flu. Pastikan tubuh tetap terhidrasi sepanjang malam dengan meminum banyak air putih.

Air juga membantu mengencerkan lendir dan mengurangi tekanan pada sinus. Meminum air membantu mengurangi peradangan, iritasi, sakit kepala, dan membuat tidur lebih mudah.


3. Kompres air panas
Mengompres dahi dengan air panas juga dapat membantu meredakan hidung tersumbat. Gunakan handuk kecil dan celupkan ke dalam air lalu posisikan di atas dahi. Cara ini juga membantu mengurangi peradangan dan hidung tersumbat karena meningkatkan aliran darah.

4. Makan makanan pedas
Mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur saat hidung tersumbat juga dapat dilakukan. Armstrong menjelaskan, makanan pedas secara alami mendorong aliran lendir.

"Karena senyawa capsaicin yang memberikan panas pada cabai dapat memperlebar saluran hidung, sehingga peradangan dan nyeri sinus pun berkurang," kat Armstrong.

5. Gunakan tambahan bantal
Saat flu, hidung kerap tersumbat ketika berbaring. Gunakan tambahan bantal untuk menopang kepala agar membantu pernapasan lebih murah.

Posisi kepala yang tinggi juga mendorong lendir mengalir dari hidung dan menghilangkan tekanan ekstra dari kepala dan membantu tidur lebih terlelap.

Jika hidung tersumbat serta flu tak juga reda dalam beberapa hari, ada baiknya mengonsumsi obat dan berkonsultasi dengan dokter.

[Gambas:Video CNN]




(ptj/asr)