3 Hal Sepele tapi Bisa Tingkatkan Produktivitas versi Grab

Grab, CNN Indonesia | Senin, 24/02/2020 20:29 WIB
3 Hal Sepele tapi Bisa Tingkatkan Produktivitas versi Grab Ilustrasi. (Foto: Istockphoto/PeopleImages)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meningkatkan produktivitas tak terjadi hanya dalam sekejap. Tetapi harus lebih memiliki perencanaan yang matang dan pengaturan waktu yang baik.

Jika manajemen waktu Anda buruk, sudah pasti akan berdampak negatif pada hampir keseluruhan aktivitas. Biasa pergi dengan terburu-buru, merasa seperti dikejar waktu setiap hari, dan sangat sibuk adalah pertanda bahwa Anda memiliki manajemen waktu yang buruk. Pada akhirnya rutinitas akan berjalan sekadarnya dan tak jarang asal-asalan.

Perilaku seperti ini jika dibiasakan bisa mengganggu produktivitas, menurunkan performansi, dan jadi pribadi yang mudah merasa malas. Jika sudah begitu, alangkah baiknya bertobat dan segera mulai lakukan kebiasaan yang baik agar aktivitas apa pun yang Anda lakukan berjalan efektif dan efisien.


Berikut tiga hal yang bisa mulai dilakukan dari sekarang untuk menunjang produktivitas Anda.

Rutin bangun lebih awal
Selain menjaga kualitas tidur dengan waktu yang cukup di tengah rutinitas yang padat, Anda juga harus memulai kebiasaan untuk bangun tidur lebih awal.

Bangun lebih awal memberi Anda semangat untuk menjalani rutinitas. Selain memberi lebih banyak waktu, bangun lebih awal juga meningkatkan kegesitan dalam beraktivitas. Energi yang dihasilkan dari hal yang Anda lakukan di pagi hari tanpa disadari dapat meningkatkan daya konsentrasi.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika seseorang bangun pagi, ia dapat melakukan aktivitas dengan waktu yang lebih cepat dari biasanya. Ia juga lebih mahir dalam mengambil keputusan, perencanaan, dan pencapaian tujuan yang lebih baik.

Tentukan prioritas
Terkadang kita merasa tidak dapat memiliki hari yang produktif karena tidak tahu harus mulai dari mana. Apabila itu masalahnya, solusi paling sederhana adalah membuat daftar aktivitas untuk diselesaikan, kemudian memprioritaskan pekerjaan berdasarkan kepentingan dan urgensi.

Menyelesaikan hal yang paling mendesak dan penting terlebih dahulu akan membuat aktivitas yang dilalui menjadi lebih produktif. Selain menghemat waktu, punya daftar prioritas juga bisa mengurangi stres dan terhindar dari lupa.

Selalu on time
3 Hal Sepele tapi Bisa Tingkatkan Produktivitas versi Grab(Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)

Salah satu hal yang menghambat produktivitas terbesar adalah keterlambatan, baik itu karena jadwal yang tidak bisa diprediksi maupun perencanaan aktivitas yang tidak matang.

Kebiasaan seperti ini jika dibiarkan bisa membuat waktu Anda menjadi berantakan dan mengacaukan produktivitas Anda.

Jika waktu sudah terganggu, Anda harus segera mengatur waktu dalam menjalankan setiap aktivitas. Mulai dari bangun tepat waktu, melakukan persiapan sebelum beraktivitas, dan membuat jadwal bepergian dengan transportasi yang efektif seperti GrabCar.

Dengan penjadwalan sewa GrabCar, Anda tidak perlu lagi untuk ribet dan pontang-panting mengejar momen penting. Anda bisa sesuaikan penjadwalan sewa GrabCar sesuai dengan kesibukan, sehingga produktivitas Anda tidak akan terganggu. Bahkan Anda bisa jadwalkan sewa GrabCar hingga 7 hari sebelum jalan, lho.

Adapun cara untuk menjadwalkan sewa GrabCar jauh-jauh hari:
1. Pilih layanan GrabCar & Pilih Nanti
2. Pilih Jadwal Penjemputan
3. Pilih Tanggal Penjemputan
4. Pilih Jadwalkan GrabCar

Layanan GrabCar pantang telat ini telah tersedia di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, Makassar, dan Medan, dengan waktu jadwal sewa GrabCar maksimal satu minggu sebelumnya. (fef)