Doa yang Dianjurkan Dibaca di Bulan Rajab

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 26/02/2020 18:27 WIB
Doa yang Dianjurkan Dibaca di Bulan Rajab Ilustrasi. Saat memasuki bulan Rajab, Rasulullah SAW mengajarkan umat Islam untuk berdoa kepada Allah SWT. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kalender Hijriah memasuki bulan Rajab yang jatuh bertepatan dengan Selasa (25/2). Saat memasuki bulan Rajab, Rasullah SAW mengajarkan umat Islam untuk membaca doa kepada Allah SWT.

Doa ini bertujuan untuk meminta keberkahan pada bulan Rajab dan Sya'ban (bulan setelah bulan Rajab). Doa ini juga berisi pengharapan agar dipertemukan dengan 'bulan 1000 bulan' yakni bulan Ramadan, bulan setelah bulan Sya'ban.

Berikut doa yang dianjurkan dibaca oleh Nabi Muhammad saat memasuki bulan Rajab:


اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Allahumma baarik lanaa fii rajaba wa sya'baana wa ballignaa ramadhona

Artinya:
Ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadan.

Doa ini sesuai dengan yang diriwayatkan ulama Muhyiddin Abi Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi seperti dikutip dari situs NU.

Selain berdoa, umat Islam juga dianjurkan untuk banyak berzikir, berpuasa, bersalawat, dan bersedekah di bulan Rajab.

Bulan Rajab merupakan salah satu bulan yang mulia karena tergolong dalam bulan Haram bersama dengan tiga bulan lainnya yakni Dzulqa'adah, Dzulhijjah, dan Muharram. Pada bulan-bulan haram ini umat Islam tak boleh melakukan peperangan dan dianjurkan memperbanyak ibadah.

[Gambas:Video CNN]

(ptj/asr)