7 Langkah Sadari untuk Cegah Kanker dan Tumor Payudara

tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 17:12 WIB
7 Langkah Sadari untuk Cegah Kanker dan Tumor Payudara Sadari bisa dilakukan untuk deteksi awal kanker atau tumor payudara (Dok. Padrinan/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selebriti Keisha Ratuliu menggemparkan dunia maya usai mengunggah foto USG-nya di instastory. Namun dia mengungkapkan bahwa hasil USG tersebut bukanlah karena kehamilan melainkan karena tumor payudara.

Tak dimungkiri masih banyak orang yang enggan untuk memeriksakan dirinya ke dokter jika mengalami masalah di area payudara. Jika enggan ke dokter untuk check up ada masalah di area pribadi tersebut, Anda sebenarnya bisa melakukan pemeriksaan sendiri di rumah dengan Sadari (periksa Payudara Sendiri).

Cara ini merupakan salah satu upaya memeriksa payudara sendiri yang direkomendasikan oleh Kementerian Kesehatan RI.


Dalam lamanya, Kemenkes merekomendasikan untuk lakukan Sadari setiap hari ke 7 sampai 10 dihitung mulai dari hari pertama haid atau menstruasi atau setiap bulan pada tanggal yang sama bagi yang sudah menopause atau tak haid.

Berikut langkah-langkah periksa payudara sendiri atau Sadari.


1. Berdirilah di depan cermin tanpa menggunakan pakaian. Angkat kedua tangan ke atas. Amati dengan teliti bentuk payudara Anda. Perhatikan apabila ada benjolan atau perubahan bentuk pada kulit, puting, serta payudara secara keseluruhan.

2. Rapatkan telapak tangan dengan kuat sehingga payudara menonjol ke depan. Amati kembali apakah ada perubahan bentuk seperti benjolan, kulit mengerut seperti kulit jeruk atau cekungan, atau puting susu yang tertarik ke dalam.

3. Tekan payudara dan pijat perlahan daerah di sekitar puting sampai ujung puting. Periksa apakah ada cairan yang tak normal, misalnya warna putih kekuningan yang bercampur darah seperti nanah.


4. Berbaringlah. Pada posisi berbaring letakkan bantal di belakang punggung. Letakkan tangan kanan di belakang kepala dan gunakan tangan kiri untuk periksa payudara sebelah kanan.

5. Cara meraba: Rapatkan tiga jari tengah Anda. Raba payudara dengan ujung tiga jari tersebut. Lakukan gerakan memutar dengan tekanan lembut, mulai dari pinggir luar sampai ke puting sesuai arah jarum jam.

6. Lakukan hal yang sama pada nomor 4-5 namun di payudara satunya.

7. Beri perhatian khusus pada area payudara dekat ketiak di bagian atas. Di area ini sering ditemukan tumor payudara. (chs)