Berkaca dari Kesha Ratuliu, Kenali Beda Tumor dan Kanker

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 25/02/2020 19:24 WIB
Berkaca dari Kesha Ratuliu, Kenali Beda Tumor dan Kanker Sebagian orang masih gagap membedakan tumor dan kanker. Tumor kerap disamakan dengan kanker. Padahal dalam dunia medis, keduanya berbeda.(iStockphoto/iLexx)
Jakarta, CNN Indonesia -- Selebritas Kesha Ratuliu membagikan tangkapan foto yang menunjukkan hasil pemeriksaan ultrasonografi atau USG benjolan pada payudaranya. Unggahan ini ia bagikan melalui Instagram Story. Keponakan Mona Ratuliu ini mengungkapkan hasil pemeriksaan menunjukkan dia mengidap tumor payudara.

Melalui unggahan pada Selasa (25/2), Kesha mengabarkan berencana menjalani operasi pada akhir pekan ini. Tapi ia belum bisa memastikan apakah tumor tersebut tergolong jinak atau ganas.

Sebelumnya, unggahan hasil USG payudara kanan Kesha itu sempat disangka janin. Tapi lantas aktris sinetron ini menjelaskan lingkaran hitam yang sempat dikira janin itu adalah tumor.


Sebagian orang masih gagap membedakan tumor dan kanker. Tumor kerap disamakan dengan kanker. Padahal dalam dunia medis, keduanya berbeda.


Anatomi
Baik tumor maupun kanker keduanya sama-sama kondisi akibat pertumbuhan sel tubuh yang tidak normal. Namun ketika dilihat anatominya, tumor memiliki kapsul pelindung sedangkan kanker merupakan tumor tetapi dengan kapsul pelindung yang sudah pecah.

Area sebaran
Karena kapsul pelindung sudah pecah, maka sel-sel kanker mampu menyebar ke bagian tubuh lain. Akibatnya, bisa terbentuk tumor-tumor baru yang sifatnya merusak. Kanker mungkin sudah diangkat dan dibuang tetapi masih ada kekhawatiran sel-sel kanker masih ada di tubuh.

Berbeda dengan kanker, tumor merusak sel juga jaringan sehat dan tidak berisiko menyebar ke area tubuh lain.


Sifat
Tumor terbilang masih dalam taraf jinak sedangkan kanker lebih ganas. Area sebaran tumor hanya di satu cakupan dan perkembangannya pun lambat. Sebaliknya, kanker memiliki pertumbuhan yang cepat dan sangat merusak, mendesak sel-sel sehat dan mengambil nutrisinya.

Lokasi kekambuhan
Bila tumor kembali muncul, maka area yang kambuh adalah area yang sebelumnya terkena kanker. Namun pada kanker, kekambuhan bisa timbul di area tubuh lain. Ini karena sel-sel kanker bisa menyebar ke area lain.

Terapi
Dari segi terapi atau pengobatan, keduanya akan berbeda. Jika seseorang divonis tumor, maka operasi pengangkatan jaringan tumor bisa menyelesaikan persoalan.

Akan tetapi, jika sudah divonis kanker atau tumor ganas maka terapi akan lebih rumit. Sel-sel kanker umumnya akan dibunuh dengan proses kemoterapi atau radiasi. Kemudian prosedur operasi dilakukan untuk mengangkat jaringan kanker.

[Gambas:Video CNN]

(els/NMA)