Mengenal Orientasi Demiseksual dan Tanda-tandanya

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 27/02/2020 22:32 WIB
Demiseksual adalah orientasi seksual seseorang yang hanya bisa merasakan ketertarikan fisik ketika ada ikatan emosional yang kuat. Ilustrasi: Demiseksual adalah orientasi seksual seseorang yang hanya bisa merasakan ketertarikan fisik ketika ada ikatan emosional yang kuat. (Foto: Istockphoto/ Gmast3r)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran aplikasi kencan online ada kalanya menggeser gagasan sebuah hubungan. Dengan 'swipe kanan' atau 'swipe kiri' Anda bisa menemukan pasangan yang cocok. Boleh jadi berlanjut dan awet atau juga sebaliknya, atau hanya menjalin hubungan ala kadarnya, atau juga sekadar 'hook up'.

Aplikasi kencan meletakkan dasar ketertarikan seseorang dari tampilan awal atau rasa penasaran Adan dengan keterangan di akunnya, misalnya. Tapi ada sebagian yang tak bisa menggunakan cara ini.

Pernahkah Anda menjumpai seseorang yang begitu sulit tertarik secara seksual dengan orang lain? Seseorang ini merasa setiap keintiman mesti diawali dengan membangun hubungan emosional. Sebutannya adalah demiseksual. Sebuah orientasi seksual ketika seseorang hanya merasakan ketertarikan fisik saat ada ikatan emosional yang kuat antar-keduanya.


Yang demikian itu terdengar wajar dan biasa saja. Lantas Anda akan bertanya, apa bedanya dengan orang lain? Yang harus Anda tahu, orang-orang demiseksual ini takkan pernah memiliki ketertarikan seksual ke orang lain secara acak. Misalnya, ke orang yang baru mereka temui.


Berikut tanda-tanda Anda termasuk demiseksual dikutip dari Bold Sky:

Merasa ikatan emosional itu penting
Seorang demiseksual selalu mendambakan hubungan emosional. Tak seperti orang lain, Anda abai terhadap penampilan pasangan. Yang Anda pedulikan adalah apakah sang kekasih berusaha membangun ikatan emosional atau tidak.

Selain itu, kepercayaan dan kejujuran menjadi harga mati.

Obrolan mendalam
Anda mengagungkan percakapan yang sarat nilai dan mendalam. Benar adanya bahwa menurut Anda obrolan yang intim bisa membantu mengembangkan ikatan emosional.

Anda merasa perbincangan yang mendalam dalam membantu memahami perspektif atau cara pandang satu sama lain dengan lebih baik.


Abai terhadap sentuhan fisik
Seorang yang demiseksual tak tertarik pada setiap orang yang dekat dengan mereka. Jika bagi orang lain sentuhan fisik adalah sensasi menyenangkan tetapi tidak pada para demiseksual.

Karena itu akan ada rasa sebal dan terganggu ketika seseorang mencoba mencium Anda atau menyentuh Anda di tengah kencan. Rasa tak nyaman ini muncul karena Anda tak merasa tak memiliki ikatan emosional dengan dia.

Menginginkan hubungan yang bermakna
Sebagai seorang demiseksual, Anda mengidamkan sebuah relasi yang punya arti dan intim dibanding hubungan yang biasa saja. Anda menginginkan kenyamanan, cinta dan dukungan dalam relasi yang Anda bangun.

Bagi para demiseksual, meningkatkan kenyamanan dan memperkuat ikatan emosional dengan pasangan adalah hal penting.

Tak berminat dengan 'hook up'
Orang dengan demiseksual tak percaya dengan gagasan keintiman fisik bisa diperoleh tanpa ikatan emosional. Mereka tak nyaman bergenggaman tangan dengan orang yang baru mereka temui atau ajak berkencan.

Bagi mereka, bercinta adalah cara untuk mengekspresikan rasa cinta satu sama lain, karena itu mereka menginginkan ikatan emossional yang kuat dan dalam. Itu sebabnya pula, para demiseksual bukan orang yang takut untuk diajak berkomitmen.


Sering dikira aseksual
Mungkin ada kalanya Anda akan dikira aseksual. Kawan Anda barangkali akan mengejek karena Anda tak kunjung menemukan pasangan potensial yang dapat memicu hasrat seksual. Kawan Anda juga mungkin akan berpikir Anda tidak bisa merasa tertarik secara seksual dengan seseorang.

Karena itu orang seringkali sulit memahami orientasi seksual dari demiseksual.

Seks adalah bentuk cinta
Anda menganggap bahwa berhubungan seks adalah cara untuk mengekspresikan cinta dengan pasangan. Dan itu sebabnya, begitu Anda menjalin hubungan fisik dengan pasangan maka ini bukan hanya perkara memperoleh kesenangan melainkan juga meningkatkan ikatan emosional.

Bagi kelompok demiseksual, seks adalah jalan mengeksplorasi hubungan dan memahami pasangan.

[Gambas:Video CNN]

(NMA/NMA)